PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD NEGERI GLAGAH, UMBULHARJO, YOGYAKARTA

Wahyuningsih, - (2015) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD NEGERI GLAGAH, UMBULHARJO, YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Wahyuningsih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendapat dan peran warga sekolah terhadap pendidikan karakter, mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter di SD Negeri Glagah, dan mendeskripsikan faktor pendukung, faktor penghambat serta upaya yang pernah dilakukan sebagai solusi dari adanya faktor penghambat pelaksanaan pendidikan karakter di SD Negeri Glagah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles & Huberman yang dilakukan melalui langkah-langkah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepala sekolah dan guru mempunyai pendapat yang tidak jauh berbeda tentang pendidikan karakter yaitu menanamkan nilai-nilai yang baik kepada anak dan menjadikan seseorang menuju ke kebaikan sehingga menjadi sebuah kebiasaan yang baik di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat, 2) Warga sekolah yang berperan membangun pendidikan karakter adalah kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua, 3) Pendekatan pendidikan karakter yang dilakukan adalah pendekatan penanaman nilai, 4) karakter yang dikembangkan adalah religius, disiplin, peduli sosial, peduli lingkungan, semangat kebangsaan dan cinta tanah air, 5) Pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan melalui beberapa kegiatan pembiasaan dan keterpaduan, kegiatan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari meliputi pembiasaan keteladanan, pembiasaan spontan pembiasaan rutin, dan pengondisian lingkungan, terpadu dalam proses pembelajaran di kelas, terpadu dalam kegiatan ekstrakurikuler dan terpadu dalam manajemen sekolah, 6) Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan karakter berasal dari kepala sekolah, guru, dan orang tua, 7) Faktor penghambat pelaksanaan pendidikan karakter berasal dari lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat, 8) Upaya yang pernah dilakukan sebagai solusi dalam mengatasi faktor penghambat pelaksanaan pendidikan karakter di SD Negeri Glagah adalah dengan pemberian nasehat, teguran dan sanksi yang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru. Sanksi yang diberikan antara lain piket, sholat dhuha, dan memunguti daun kering. Kata Kunci: pendidikan karakter, nilai-nilai karakter

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Oct 2015 04:19
Last Modified: 30 Jan 2019 04:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27692

Actions (login required)

View Item View Item