PENGARUH MODEL ACTIVE LEARNING TIPE BOWLING KAMPUS TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KELAS V SD GENTAN

Isdiyanti, Wahyu (2015) PENGARUH MODEL ACTIVE LEARNING TIPE BOWLING KAMPUS TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KELAS V SD GENTAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Wahyu_Isdiyanti_11108244056.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model active learning tipe bowling kampus terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran tematik integratif kelas V SD Gentan tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasy experiment yang dilakukan di SD Gentan pada bulan Mei 2015. Desain quasy experiment yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah kelas VA, sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 29 siswa, dan kelas VB, sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar pre observation dan post observation serta skala keaktifan belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model active learning tipe bowling kampus terhadap keaktifan belajar siswa kelas V SD Gentan. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil uji t gain keaktifan belajar kedua kelompok diperoleh nilai signifikansi 0,002 (< 0,05). Selain itu, berdasarkan rata-rata dari perubahan persentase jumlah siswa hasil pre observation dan post observation kelompok eksperimen lebih tinggi, yakni 25,95 %, dibandingkan dengan kelompok kontrol yang hanya mencapai 2,30 %. Kata kunci: keaktifan belajar, bowling kampus, tematik integratif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Oct 2015 04:16
Last Modified: 30 Jan 2019 04:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27691

Actions (login required)

View Item View Item