MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI METODE PROYEK PADA ANAK KELOMPOK B2 TK ABA PLUS AL FIRDAUS MANCASAN, PANDOWOHARJO, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Nadhiroh, Aminul Maliah (2015) MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI METODE PROYEK PADA ANAK KELOMPOK B2 TK ABA PLUS AL FIRDAUS MANCASAN, PANDOWOHARJO, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Nadhiroh Aminul Maliah_11111244017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini mengambil variabel kecerdasan interpersonal karena kecerdasan interpersonal anak masih perlu dikembangkan, seperti kerjasama dengan teman masih belum terpupuk, beberapa anak terlihat belum berbaur dengan teman dan kemampuan berempati anak masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak melalui metode proyek pada anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B2 TK ABA Plus Al Firdaus sebanyak 11 anak. Obyek dalam penelitian ini adalah kecerdasan interpersonal anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila perhitungan persentase menunjukkan jika 80% dari 11 anak memiliki kecerdasan interpersonal pada kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Kondisi awal anak sebelum dilakukan tindakan menunjukkan sebagian besar anak berada pada kriteria Mulai Berkembang (MB). Pada Siklus I kecerdasan interpersonal anak meningkat pada kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB)dengan persentase 45,46% anak berhasil mencapai kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) yang berarti indikator-indikator kecerdasan interpersonal anak pada kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Pada siklus II kecerdasan interpersonal anak pada kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) mengalami peningkatan dengan persentase 90,91% anak berhasil mencapai indikator-indikator kecerdasan interpersonal anak pada kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Jadi kecerdasan interpersonal anak meningkat setelah dilakukan tindakan. Langkah-langkah yang ditempuh untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak yaitu: 1) Menentukan tema yang akan dipelajari, 2) Mempersiapkan pembagian kelompok dan membuat deskripsi tugas; apersepsi, memberikan pengarahan untuk menggali informasi, dan memberi contoh tugas proyek yang akan dibuat; 3) Mengumpulkan hasil proyek, mempresentasikan hasil proyek, membahas kegiatan proyek yang telah berlangsung dan pemberian reward. Kata Kunci: kecerdasan interpersonal, metode proyek, anak kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 28 Oct 2015 03:53
Last Modified: 30 Jan 2019 04:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27689

Actions (login required)

View Item View Item