PENGARUH KETERAMPILAN BERTANYA DAN MENGADAKAN VARIASI TERHADAP RASA INGIN TAHU SISWA KELAS IV SD

Sari, Wulan Hasta (2015) PENGARUH KETERAMPILAN BERTANYA DAN MENGADAKAN VARIASI TERHADAP RASA INGIN TAHU SISWA KELAS IV SD. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
WULAN HASTA SARI_11108244057.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Rasa ingin tahu berpengaruh terhadap berkembangnya ilmu pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan bertanya dan mengadakan variasi secara parsial maupun secara simultan terhadap rasa ingin tahu siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-postfacto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 418 dengan sampel berjumlah 204 siswa yang diambil secara acak dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan skala untuk mengumpulkan data keterampilan bertanya, keterampilan mengadakan variasi, dan rasa ingin tahu siswa. Instrumen penelitian ini diujicobakan kepada 31 siswa. Uji validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan teknik expert judgment, sedangkan untuk mencari daya beda menggunakan rumus korelasi product moment. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji linieritas, normalitas dan multikolinieritas. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keterampilan bertanya berpengaruh signifikan terhadap rasa ingin tahu siswa dengan sumbangan 11,79%; 2) keterampilan mengadakan variasi berpengaruh signifikan terhadap rasa ingin tahu siswa dengan sumbangan sebesar 6,51%; dan 3) keterampilan bertanya dan mengadakan variasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap rasa ingin tahu siswa dengan sumbangan sebesar 18,3%. Kata kunci : keterampilan bertanya, keterampilan mengadakan variasi, rasa ingin tahu siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Oct 2015 08:13
Last Modified: 30 Jan 2019 04:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27684

Actions (login required)

View Item View Item