FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DI SD N RANDUSARI KOTAGEDE YOGYAKARTA

Putriandewi, Irene Shita (2013) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DI SD N RANDUSARI KOTAGEDE YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Irene Shita Putriandewi 07209241003.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa dalam pembelajaran seni tari di SD N Randusari Kotagede Yogyakarta terkait dengan faktor eksternal dan internal siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif di dukung dengan data kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Randusari Kotagede Yogyakarta. Teknik pengumpulan data melalui angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan langkah-langkah dari data yang sudah terkumpul kemudian dilakukan penyajian data atau penyusunan data, data yang disajikan berbentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan: faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa di SD N Randusari Kotagede Yogyakarta, yaitu: pertama, faktor internal siswa meliputi jasmani dan psikologi. Faktor psikologi siswa yakni untuk kelas IV seluruhnya sehat tidak terdapat cacat tubuh, dan untuk faktor psikologi yaitu ; (1) rasa senang siswa terhadap pembelajaran seni tari 100%, (2) adanya siswa yang mengalami kesulitan 42.30%, (3) 53.84% menyatakan situasi kelas yang ramai, (4) 100% menyatakan tidak masuk dalam Sanggar tari, (5) berlatih menari dirumah dilakukan oleh 46.15% siswa, (6) adanya 42.30% ketertarikan terhadap kegiatan yang diselenggarakan sekolah khususnya dalam bidang seni tari, (7) serta adanya 96.15% dukungan dari orang tua. Kedua, faktor eksternal siswa meliputi ; dukungan dari kepala sekolah, guru seni tari yang meliputi: motivasi, materi tari, metode pembelajaran, sarana prasarana yang berupa tempat berlatih, tape audio dan kaset serta properti tari, selain itu dukungan dari orang tua siswa yang berupa (1) rasa senang orang tua pada anak dalam mengikuti pembelajaran seni tari di sekolah. (2) 90.90% yang menunjang kebutuhan siswa dalam hal menari, (3) motivasi sebanyak 100% yang diberikan sekolah dan orang tua dalam membangkitkan semangat belajar siswa khususnya dalam pembelajaran seni tari, (4) pendampingan orang tua kepada siswa dalam belajar dirumah 45.45% , (5) serta dukungan orang tua untuk memasukkan anak ke sanggar tari sebanyak 9.09%. Dengan demikian minat siswa muncul karena adanya 2 faktor. Faktor yang paling utama adalah faktor internal yaitu faktor dari dalam diri dan faktor pendukung yakni faktor eksternal, dorongan dari luar diri siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: minat siswa, pembelajaran seni tari
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 28 Oct 2015 02:37
Last Modified: 30 Jan 2019 04:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27683

Actions (login required)

View Item View Item