PERSENTASE CEDERA OLAHRAGA PADA ATLET SEPAK BOLA USIA DI BAWAH USIA 12 TAHUN DALAM KOMPETISI SEPAK BOLA ANTAR SSB TINGKAT NASIONAL

Andri Hermawan (2015) PERSENTASE CEDERA OLAHRAGA PADA ATLET SEPAK BOLA USIA DI BAWAH USIA 12 TAHUN DALAM KOMPETISI SEPAK BOLA ANTAR SSB TINGKAT NASIONAL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANDRI HERMAWAN_11603141042.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permainan sepak bola tidak terlepas dari cedera yang dapat terjadi pada saat latihan maupun pertandingan. Cedera olahraga sepak bola dapat disebabkan oleh faktor dari dalam (internal violence) dan faktor dari luar (eksternal violence). Penelitian ini bertujuan mengetahui persentase cedera olahraga pada atlet sepak bola usia di bawah 12 tahun dalam kompetisi sepak bola antar SSB tingkat nasional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet yang bertanding dalam kompetisi sepak bola antar SSB tingkat nasional. Pengambilan sampel secara non probabilitas dengan teknik purposive sampling (sesuai kriteria) dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang atau pemain dari 4 tim yang masuk ke babak semifinal dan final kejuaraan sepak bola antar SSB tingkat Nasional. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan cedera olahraga pada atlet sepak bola usia di bawah 12 tahun paling banyak adalah cedera pergelangan kaki yaitu 19,4%. Cedera olahraga atlet sepak bola dilihat dari umur diketahui paling banyak adalah cedera pergelangan kaki yang terjadi pada atlet usia 11 tahun yaitu sebanyak 9,3%. Faktor penyebab cedera dari faktor internal violence sebagian besar dalam kategori rendah sebesar 71,7% dan dari faktor eksternal violence sebagian besar dalam kategori rendah sebesar 85%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: cedera olahraga, faktor penyebab, atlet sepak bola usia 12 tahun
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Oct 2015 08:12
Last Modified: 11 Mar 2019 02:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27678

Actions (login required)

View Item View Item