FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG PRESTASI BELAJAR PERMAINAN BOLABASKET PADA SISWA KELAS XI DI SMK MUDA PATRIA KALASAN KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

Nico Prabowo (2015) FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG PRESTASI BELAJAR PERMAINAN BOLABASKET PADA SISWA KELAS XI DI SMK MUDA PATRIA KALASAN KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NIKO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar olahraga bolabasket di SMK Muda Patria Kalasan belum dapat berjalan dengan lancar dan belum sesuai dengan yang diharapkan, tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang menjadi pendukung belajar bolabasket dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) pada siswa kelas XI SMK Muda Patria Kalasan Kabupaten Sleman Yogyakarta Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Muda Patria Kalasan yang berjumlah 52 responden. Istrumen dalam penelitian ini berupa angket yang telah melewati expert judgment, uji validitas sebesar 0,739 dan uji releabilitas sebesar 0,941. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan bahwa faktor-faktor yang mendukung prestasi belajar bolabasket di SMK Muda Patria Kalasan menunjukkan kategori cukup, berdasarkan faktor internal dari indikator: (1) fisik dengan persentase sebesar 76.9% masuk dalam kategori cukup, (2) psikologi dengan persentase 67,3% masuk dalam kategori cukup, (3) kelelahan dengan persentase 59,6% masuk dalam kategori cukup. Sedangkan faktor eksternal dari indikator: (1) lingkungan keluarga dengan persentase 84,6% masuk dalam kategori cukup, (2) sekolah dengan persentase 67,3% masuk dalam kategori cukup, (3) lingkungan masyarakat dengan persentase 48,1% masuk dalam kategori cukup.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: bolabasket, faktor internal, faktor eksternal
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Oct 2015 08:12
Last Modified: 11 Mar 2019 02:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27676

Actions (login required)

View Item View Item