Pembelajaran Fisika dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing melalui Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aspek Kognitif dan Keterampilan Proses Sains di SMA

Subekti, Yuliana (2015) Pembelajaran Fisika dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing melalui Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aspek Kognitif dan Keterampilan Proses Sains di SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yuliana-subekti-12708251068.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar aspek kognitif dan keterampilan proses sains ditinjau dari kemampuan awal fisika siswa kelas X di SMA Negeri 9 Yogyakarta dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di SMA Negeri 9 Yogyakarta pada semester genap tahun ajaran 2014/2015 yaitu 192 siswa. Sampel dipilih sebanyak dua kelas dengan menggunakan teknik cluster randomized sampling. Masing-masing kelas terdiri dari 32 siswa. Jadi banyak sampel dalam penelitian ini adalah 64 siswa. Kelompok eksperimen 1 diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen, dan kelompok eksperimen 2 diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan teknik observasi. Teknik tes berupa soal pretest dan posttest digunakan untuk mengetahui hasil belajar aspek kognitif pada pokok bahasan suhu dan kalor sebelum dan setelah diberi perlakuan. Teknik observasi berupa lembar observasi keterampilan proses sains digunakan untuk mengetahui keterampilan proses sains peserta didik. Aspek keterampilan proses sains yang diteliti yaitu pengamatan, pelaksanaan penelitian, pengkomunikasian, peramalan dan penyimpulan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji multiple analysis of covariance (MANCOVA) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan hasil belajar fisika aspek kognitif dan keterampilan proses sains ditinjau dari kemampuan awal fisika pada siswa kelas X di SMA Negeri 9 Yogyakarta dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui metode eksperimen.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran inkuiri terbimbing, metode eksperimen, keterampilan proses sains, hasil belajar aspek kognitif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Oct 2015 08:12
Last Modified: 09 May 2019 03:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27674

Actions (login required)

View Item View Item