STRATEGI PEMBELAJARAN TARI BEDAYA HARJUNA ASMARA GAYA YOGYAKARTA DI SMK I KASIHAN BANTUL

Suryantini, Sri (2013) STRATEGI PEMBELAJARAN TARI BEDAYA HARJUNA ASMARA GAYA YOGYAKARTA DI SMK I KASIHAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sri Suryantini 10209247004.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran tari Bedaya Harjuna Asmara gaya Yogyakarta di SMK I Kasihan Bantul.SMK I Kasihan Bantul merupakan lembaga pendidikan formal,sebagai salah satu tempat untuk melestarikan seni tari klasik melalui kegiatan belajar mengajar. Bedaya adalah tarian Keraton yang hanya dipentaskan pada acara tertentu saja. Tari Bedaya Harjuna Asmara merupakan salah satu materi pelajaran yang diberikan pada siswa kelas XII di semester genap. Penelitian ini mempergunakan format desain penelitiandeskriptif-kualitatif dan dilakukan di SMK I Kasihan Bantul.Subjek penelitian adalah siswa kelas XII yang mendapatkan materi tari Bedaya Harjuna Asmara.Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, observasi, pelacakan dokumentasi, dan wawancara mendalam.Analisis yang dipergunakan mempergunakan kajian teks dan kontekstual. Kajian secara tekstual dipergunakan untuk membahas tari Bedaya secara struktur gerak dan koreografi. Melalui kajian ini dapat dilihat kesulitan tari Bedaya yang harus dikuasai oleh para siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya penggunaan strategi pembelajaran untuk materi tari Bedaya Harjuna Asmara akan berpengaruh pada tingkat keberhasilan pembelajaran dan kelulusan siswa. Adapun strategi pembelajaran yang ada di SMK I Kasihan Bantul terbagi menjadi 4 aspek, yaitu strategi pembelajaran dengan pendekatan, metode, evaluasi, sarana dan prasarana. Strategi pembelajaran mempergunakan team teaching. Metode yang dipergunakan dalam strategi pembelajaran Bedaya Harjuna Asmara yaitu metode ceramah, demontrasi, tanya jawab, latihan, penugasan, dan imitatif.Materi tari Bedaya Harjuna Asmara merupakan bekal yang tidak ternilai bagi siswa SMK 1 Kasihan karena, siswa mendapatkan materi tersebut dengan teknik gerak maupun pengetahuan tentang Bedaya di sekolah, bukan di organisasi tari. Strategi pembelajaran merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dalam proses pembelajaran seni tari, baik itu untuk tujuan memberikan materi tari sebagai pendidikan maupun sebagai pengalaman seni. Tujuan pembelajaran tari Bedaya Harjuna Asmara telah berhasil dicapai dengan mempergunakan strategi pembelajaran sehingga menghasilkan siswa-siswa yang mampu menarikan tari Bedaya Harjuna Asmara dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran, Bedaya Harjuna Asmara, SMK I Kasihan Bantul
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 27 Oct 2015 09:02
Last Modified: 30 Jan 2019 04:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27673

Actions (login required)

View Item View Item