MODEL SINEKTIK DALAM PEMBELAJARAN TARI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS GERAK SISWA AUTIS DI SLB DIAN AMANAH SLEMAN YOGYAKARTA

Mulia, Siti Anisa Rizka (2013) MODEL SINEKTIK DALAM PEMBELAJARAN TARI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS GERAK SISWA AUTIS DI SLB DIAN AMANAH SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Siti Anisa Rizka Mulia 09209241028.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan kreativitas gerak siswa autis dalam pembelajaran tari dengan menggunakan model Sinektik di SLB Dian Amanah Sleman Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus pada Januari sampai dengan April 2013. Subjek penelitian tindakan ini adalah siswa autis SLB Dian Amanah Sleman Yogyakarta yang berjumlah 4 orang siswa.Dalam tiap siklusnya terdapat 4 tahap yaitu: 1) Perencanaan, 2) Implementasi tindakan, 3) Observasi, 4) Evaluasi dan Refleksi. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara, dan tes praktek tari. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran tari dan hasil penerapan tindakan yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas gerak siswa autis dari siklus I ke siklus II yang ditandai dengan: a) peningkatan skor rata-rata pada aspek kognitif yang di siklus I memperoleh skor 62, 5 dan di siklus II menjadi 68,75, naik sebesar 6,25, b) peningkatan juga terjadi pada aspek afektif yang di siklus I memperoleh skor rata-rata 62,5 dan di siklus II menjadi 79,17, naik sebesar 16,67, c) kemudian pada aspek psikomotorik juga terjadi peningkatan, di siklus I memperoleh skor rata-rata 68,75 dan di siklus II menjadi 79,17, naik sebesar 6,5, dan d) peningkatan kreativitas gerak siswa juga terlihat dari hasil pengamatan yang menunjukan peningkatan antara sebelum pelaksanaan tindakan dan setelah pelaksanaan tindakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tari, Kreativitas, Model Sinektik, dan Autisme
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 27 Oct 2015 08:52
Last Modified: 30 Jan 2019 04:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27672

Actions (login required)

View Item View Item