Pengaruh Persepsi Penguasaan Metode Mengajar Praktik Guru, Persepsi Media Pembelajaran, dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK Keahlian TKR di Kota Yogyakarta

Sutrisno, Valiant Lukad Perdana (2015) Pengaruh Persepsi Penguasaan Metode Mengajar Praktik Guru, Persepsi Media Pembelajaran, dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK Keahlian TKR di Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-valiant lukad perdana sutrisno-13702251044.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari persepsi penguasaan metode mengajar praktik guru, persepsi media pembelajaran, dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran praktik kelistrikan otomotif SMK keahlian TKR di Kota Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII pada kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan di SMK Kota Yogyakarta yang berjumlah 565 siswa. Sampel sejumlah 185 siswa ditentukan dengan teknik proportional random sampling. Pengambilan data variabel bebas menggunakan angket dengan skala Likert dan Rating Scale. Data variabel terikat dikumpulkan menggunakan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan empat temuan. (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari persepsi penguasaan metode mengajar praktik guru terhadap hasil belajar praktik kelistrikan otomotif, dengan nilai t hitung 2,027 > nilai t tabel α (0,05) 1,960, dan kontribusi terhadap kenaikan hasil belajar praktik kelistrikan otomotif sebesar 4,34%. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari persepsi media pembelajaran terhadap hasil belajar pembelajaran praktik kelistrikan otomotif, dengan nilai t hitung 2,082 > nilai t tabel α (0,05) 1,960, dan kontribusi terhadap kenaikan hasil belajar praktik kelistrikan otomotif sebesar 5,85%. (3)Terdapat pengaruh yang signifikan dari motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar pembelajaran praktik kelistrikan otomotif, dengan nilai t hitung 2,118 > nilai t tabel α (0,05) 1,960, dan kontribusi terhadap kenaikan hasil belajar praktik kelistrikan otomotif sebesar 4,71%. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan dari persepsi penguasaan metode mengajar praktik guru, persepsi media pembelajaran, dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar pembelajaran praktik kelistrikan otomotif, dengan nilai F hitung 10,550 > nilai t tabel α (0,05) 2,655, dan kontribusi terhadap kenaikan hasil belajar praktik kelistrikan otomotif sebesar 14,9%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: persepsi, metode mengajar praktik, motivasi belajar, media pembelajaran, hasil belajar, pembelajaran praktik, kelistrikan otomotif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Oct 2015 08:19
Last Modified: 13 Sep 2022 02:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27670

Actions (login required)

View Item View Item