UPAYA MENINGKATKAN APRESIASI PEMBELAJARAN SENI TARI MELALUI PENERAPAN METODE THINK-PAIR-SHARE DI SMA N 2 NGAGLIK, SLEMAN, YOGYAKARTA

Susilowati, Lusi (2013) UPAYA MENINGKATKAN APRESIASI PEMBELAJARAN SENI TARI MELALUI PENERAPAN METODE THINK-PAIR-SHARE DI SMA N 2 NGAGLIK, SLEMAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Lusi Susilowati 09209241030.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan apresiasi dan hasil pembelajaran seni tari di SMA N 2 Ngaglik dalam pembelajaran tari Robyong melalui metode Think-Pair- Share. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA I SMA N 2 Ngaglik berjumlah 15 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan Think-Pair-Share. Waktu penelitian ini selama 3 Bulan, terhitung dari bulan Februari hingga Mei 2013. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi dan evaluasi. Pelaksanaan tindakan sebanyak 2 Siklus. Siklus I menyampaikan tari Robyong, tentang ragam-ragam gerak tari Robyong. Tindakan Siklus II selanjutnya pelaksanaan metode Think-Pair-Share, yaitu membagi menjadi 3 kelompok, kemudian memberikan ragam yang berbeda disetiap kelompoknya dan mempresentasikannya di depan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, pengamatan dan penampilan subjek penelitian pada proses penilaian. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah catatan harian, angket, wawancara, dan lembar penilaian. Personalia dalam penelitian ini adalah peneliti, siswa kelas XI IPA I, dan kolabolator. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada perolehan nilai siswa. Hal ini dapat dilihat meningkatnya nilai rata-rata siswa dari pratindakan 71.56, kemudian Siklus I 74.82, dan pada Siklus II 77.76. Apresiasi siswa kelas XI IPA I SMA N 2 Ngaglik dalam pembelajaran seni tari dengan penerapan metode Think-Pair-Share pada pembelajaran tari Robyong juga dapat meningkat. Hasil tersebut tampak ketika siswa memperagakan gerak tari robyong. Siswa yang semula tidak bersemangat setelah dikelompokkan semakin bersemangat dan semakin bagus teknik menarinya. Ini dapat dilihat dari kelincahan dan keluwesan mereka dalam memperagakan tari Robyong. Hasil lain yang dapat di tunjukkan yaitu siswa menjadi tidak malas lagi untuk menggunakan baju praktik dalam pembelajaran tari. Kemudian, dalam penerapan metode Think-Pair- Share siswa lebih berani dalam mengungkapkan pendapat meningkatkan sosialisasi serta komunikasi antar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Apresiasi, Pembelajaran Seni Tari, Think-Pair-Share
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 27 Oct 2015 06:52
Last Modified: 30 Jan 2019 04:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27663

Actions (login required)

View Item View Item