PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS TUGAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT MEMELIHARA/SERVIS SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA

AGUNG WAHYU, SAPTONO (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS TUGAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT MEMELIHARA/SERVIS SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
THE_IMPLEMENTATION_OF_TASK-BASED_LEARNING_TO_IMPROVE_THE_MOTIVATION_AND_LEARNING_RESULT_ON_REPAIRMAINTENANCE_SERVICE_OF_GASOLINE_FUEL_SYSTEM_OF_THE_STUDENTS_OF_MECHANICAL_ENGINEERING_OF_AUTOMOTIVE.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) menerapkan pembelajaran berbasis tugas dalam pembelajaran mata diklat memelihara/servis sistem bahan bakar bensin; 2) mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berbasis tugas terhadap motivasi belajar siswa; dan 3) mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berbasis tugas terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, sistematika penelitian menggunakan 3 siklus dan setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Sasaran penelitian ini adalah peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI B 3 yang berjumlah 28 siswa. Aspek yang diteliti meliputi kegigihan, tingkah laku, dan aktivitas siswa yang menunjukkan motivasi belajar siswa dan tindakan pembelajaran yang ditunjukkan oleh guru sebagai indikator keterlaksanaan pembelajaran berbasis tugas. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre test untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan diakhiri dengan post test. Selanjutnya pemberian materi yang diajarkan dengan menerapkan pembelajaran berbasis tugas berupa: pemberian pertanyaan, tugas diskusi belajar kelompok, Lembar Kerja Siswa (LKS), tugas mandiri, tugas membuat artikel, dan tugas merangkum materi pembelajaran. Dengan menerapkan pembelajaran berbasis tugas motivasi dan hasil belajar siswa semakin meningkat sesuai dengan indikator keberhasilan, hal ini terlihat pada siklus III proses pembelajaran guru melakukan pembahasan LKS dan tugas-tugas yang diberikan. Analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mencari persentase rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah bahwa motivasi dan hasil belajar siswa meningkat dari tiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata aspek kegigihan, tingkah laku, dan aktivitas siswa dari siklus I dengan persentase 58,7 % berkategori kurang, naik menjadi 67,3 % berkategori cukup pada siklus II, dan semakin meningkat pada siklus III dengan persentase 76,8 % berkategori baik. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya hasil pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis tugas berdasarkan persentase siswa yang memenuhi standar kompetensi pada siklus I sebesar 32 % naik menjadi 52 % pada siklus II dan meningkat menjadi 96 % pada siklus III.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 01:44
Last Modified: 29 Jan 2019 15:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2766

Actions (login required)

View Item View Item