Indriaturrahmi, Indriaturrahmi (2015) Peran Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) Dalam PenyelenggaraAn SMK Berbasis Kearifan lokal di Kota Mataram. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-indriaturrahmi-13702251049.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peran DUDI dalam mendorong produk kebijakan pendidikan, dalam hal ini program atau peraturan dari Pemerintah daerah (Pemda) Kota Mataram dalam mengembangkan SMK berbasis kearifan lokal?; (2) bagaimanakah implementasi penyelenggaran kebijakan pendidikan SMK di Kota Mataram yang sesuai dengan kearifan lokal daerah?; dan (3) bagaimanakah peran DUDI dalam pengembangan SMK di Kota Mataram Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.Setting penelitian ini adalah di SMKN 5 Mataram dan SMKN PP Mataram. Informan kunci pada penelitian ini adalah Kepala Dinas Dinas Pendidikan Menengah sub bagian kepala seksi kurikulum, Kepala Sekolah, Wakasek Humas Industri, Pembimbing Industri, dan Siswa yang telah melaksanakan praktik kerja industri. Teknik Pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data mengacu pada analisis model interaktif Miles & Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran DUDI dalam meningkatkan kualitas penyelenggaran SMK berbasis keunggulan lokal: (1) Peran DUDI dalam mendorong kebijakan Pemerintah Daerah terkait pengembangan SMK berbasis kearidan lokal belum memadai. Belum ada kebijakan dalam bentuk program atau peraturan yang dilaksankan antara Pemda dengan Industri terkait penyelenggaran SMK yang berbasis kearifan lokal. Akan tetapi Pemda telah membuka kompetensi keahlian yang disesuiakan dengan keunggulan daerah; (2) beberapa program dari Pemda yang dilakukan dalam peningkatan kualitas SMK, antara lain: (a) Monitoring dan Evaluasi, (b) Unit Gedung Baru, (c) Membuka Kompetesi Keahlian baru, (d) Pemberian Dana, (e) Gebyar SMK se-Kota Mataram yang dilaksanakan setiap tahun; dan (3) peran DUDI dalam pengembangan SMK : (a) penyelenggaran prakerin siswa, berjalan dengan baik. penyaluran prakerin rutin dilaksanakan setiap tahun selama 2-3 bulan, b) industri sebagai tempat pemagangan guru, untuk meningkatkan keterampilan guru produktif , c) DUDI terlibat dalam uji kompetensi siswa tingkat akhir dan sebagai tempat menyalurkan lulusan;, d) belum ada kerjasama terkait penyediaan sarana dan prasarana yang dilaksanakan oleh DUDI dengan sekolah, dan e) pengembangan kurikulum telah melibatkan industri dalam bentuk workshop kurikulum.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran DUDI, Penyelenggaran SMK,Kearifan lokal |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 27 Oct 2015 07:24 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 03:13 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27655 |
Actions (login required)
View Item |