Hendra Wijaya, Gunawan (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI GENERATIVE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PALIYAN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
SKRIPSI FULL PDF.pdf Download (59MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi generative dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi generative dalam menulis teks laporan hasil observasi. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan menguji keefektifan strategi generative dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Paliyan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah Control Group Pretest Posttest Design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa strategi generative dan variabel terikat yaitu kemampuan menulis teks laporan hasil observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Paliyan. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Berdasarkan hasil undian, ditetapkan bahwa kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis teks laporan hasil observasi. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukan data penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil perhitungan uji-t skor posttest kelompok eksperimen dan posttest kelompok kontrol menghasilkan thitung adalah 3.971 dengan db 60 diperoleh nilai p = 0,000. Nilai p lebih kecil dari 5% (p < 0,05). Hasil uji-t tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan strategi generative dan kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi tanpa menggunakan strategi generative. Hasil perhitungan uji-t skor pretest dan posttest kelompok eksperimen menghasilkan thitung 14.546 dengan db 30 diperoleh nilai p = 0,000. Pretest dan posttest kelompok kontrol diperoleh thitung 10.113 dengan db 30 dan diperoleh p = 0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa strategi generative efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMPN 1 Paliyan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS |
Date Deposited: | 27 Oct 2015 07:24 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 04:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27646 |
Actions (login required)
View Item |