PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KELAS XI AGAMA DI SEKOLAH INKLUSIF MAN MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN

Wulansari, Nurvita (2015) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KELAS XI AGAMA DI SEKOLAH INKLUSIF MAN MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XI Agama di sekolah inklusif MAN Maguwoharjo, hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran, serta upaya guru dalam mengatasi hambatan tersebut. Pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia diteliti berdasarkan komponen pembelajaran yang berupa tujuan pembelajaran, materi/bahan ajar, metode pembelajaran, media, dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas XI Agama di sekolah inklusif MAN Maguwoharjo. Objek penelitian difokuskan pada pembelajaran Bahasa Indonesia, hambatan, dan upaya guru dalam mengatasi hambatan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XI Agama di sekolah inklusif MAN Maguwoharjo. Data diperoleh dengan teknik observasi partisipatif, wawancara, catatan lapangan, dan dokumen. Teknik analisis data meliputi tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XI Agama di sekolah inklusif MAN Maguwoharjo sesuai dengan RPP, yang di dalamnya memuat komponen pembelajaran. Komponen pembelajaran tersebut di antaranya tujuan pembelajaran, materi/bahan ajar, metode pembelajaran, media, dan evaluasi. Pada dasarnya, pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XI Agama di sekolah inklusif MAN Maguwoharjo dengan sekolah umum berbeda. Hal yang membedakan terdapat pada subjek belajar, metode pembelajaran, dan media pembelajaran yang digunakan. Kedua, hambatan yang terjadi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XI Agama di sekolah inklusif MAN Maguwoharjo di antaranya tidak tersedianya buku ajar braille untuk siswa difabel tunanetra dan guru tidak menguasai huruf braille. Ketiga, upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi hambatan tersebut adalah guru memanfaatkan sumber materi yang ada dan memberi kesempatan kepada siswa difabel tunanetra untuk mengunduh Buku Siswa Elektronik (BSE), serta guru meminta bantuan guru pembimbing khusus untuk menerjemahkan tulisan braille siswa difabel tunanetra.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 27 Oct 2015 07:24
Last Modified: 30 Jan 2019 04:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27643

Actions (login required)

View Item View Item