PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SOFTWARE MACROMEDIA FLASH DASAR MESIN BUBUT DI SMK N 2 PENGASIH

F. ENDI, BAWONO UTOMO (2015) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SOFTWARE MACROMEDIA FLASH DASAR MESIN BUBUT DI SMK N 2 PENGASIH. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
F Endi Bawono Utomo 08503241028.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SOFTWARE MACROMEDIA FLASH DASAR MESIN BUBUT DI SMK N 2 PENGASIH Tujuan dari penelitian ini adalah awal atau sebelum perlakuan pada pembelajaran operasi dasar (mesin bubut) perlakuan pembelajaran dengan kelas eksperimen yang menggunakan macromedia flash dan kelas kontrol menggunakan cara konvensional, (3) mengetahui prestasi belajar siswa kelas eksperimen antara sebelum dan sesu perlakuan pembelajaran menggunakan flash yang digunakan adalah media yang telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Penelitian ini desain pretest-posttest, non kelas, yaitu kelas ekperimen yang diberi perlakuan pembelajaran dengan media flash dan kelas kontrol dengan cara konvensional. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen berupa tes objektif pembelajaran/pretest data normal dan homogen maka digunakan statistik parametris dengan uji Hasil dari penelitian menunjukkan prestasi belajar siswa sebelum pembelajaran antara kelas eksperimen dan kontrol memiliki kemampuan awal yang hampir sama, ditunjukkan dengan perolehan rata kelas eksperimen 50 pembelajaran kelas eksperimen yang menggunakan media tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan cara konvensional. Ditunjukkan dengan perolehan rata dan kelas kontrol sebesar 73, kesalahan 5% dan dk 61 didapatkan bahwa harga t hitung lebih besar dari t tabel rumusan Ha diterima, yaitu terhadap prestasi belajar siswa. Selain itu, uji hipotesis untuk perbandingan data pretest dan posttest kelas eksperimen dan dk 60 didapatkan bahwa harga t hitung juga lebih besar dari t tabel 2,000) dengan demikian rumusan Ha juga diterima, yaitu peningkatan prestasi belajar siswa yang signifikan pada kelas eksperimen antara sebelum dan setelah menggunakan Kata kunci : media pembelajaran, vii ABSTRAK PADA PEMBELAJARAN TEORI Oleh: F. ENDI BAWONO UTOMO NIM. 08503241028 (1) mengetahui prestasi belajar siswa menggunakan mesin untuk bubut), (2) mengetahui prestasi belajar siswa sesudah macromedia flash. Media animasi berbasis menggunakan metode penelitian eksperimen semu dengan test, non-equivalent control group design dengan sampel dua yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran/posttest. Uji analisis karena syarat ajaran rata-rata nilai 50,25 dan kelas kontrol sebesar 50,53. Sesudah perlakuan flash rata-rata nilai posttest dari kelas eksperimen 73,78. Dari hasil analisis uji hipotesis data perbandingan nilai posttest dari kedua kelas (2,97 > 2,000) terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran dengan menggunakan taraf kesalahan 5% macromedia flash. macromedia flash

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 27 Oct 2015 03:14
Last Modified: 30 Jan 2019 04:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27638

Actions (login required)

View Item View Item