PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SISTEM PEMINDAH TENAGA KOMPETENSI MEMELIHARA TRANSMISI KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 GANTIWARNO, KLATEN TAHUN AJARAN 2010/2011

Agung Cipto, Pratomo (2011) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SISTEM PEMINDAH TENAGA KOMPETENSI MEMELIHARA TRANSMISI KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 GANTIWARNO, KLATEN TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
THE_IMPLEMENTATION_OF_COOPERATIVE_LEARNING_SNOWBALL_DRILLING_TO_IMPROVE_THE_LEARNING_RESULT_ON_POWER_TRANSFER_SYSTEM_TO_MAINTAIN_TRANSMISSION_COURSE_FOR_XITH_GRADE_STUDENT_OF_LIGHT_VEHICLE_ENGINEERINGIN.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan memperbaiki proses pembelajaran dalam mata pelajaran sistem pemindah tenaga kompetensi memelihara transmisi melalui metode pembelajaran snowball drilling dan mengetahui seberapa besar peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada proses pembelajaran mata pelajaran sistem pemindah tenaga kompetensi memelihara transmisi siswa melalui metode pembelajaran snowball drilling. Penelitian ini dilakukan di SMK N 1 Gantiwarno, Klaten tahun ajaran 2010/2011, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI C TKR sebanyak 32 siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, metode pembelajaran yang digunakan adalah dengan metode pembelajaran snowball drilling. Penelitian dilakukan dengan 3 siklus. Langkah-langkah penelitian ini dimulai dengan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa, selanjutnya pemberian materi yang diajarkan, latihan soal dengan metode snowball drilling yaitu menggelindingkan bola salju berupa soal latihan dengan cara mengundi untuk mendapatkan kelompok siswa yang akan menjawab soal snowball drilling. Jika kelompok yang mendapat giliran pertama menjawab soal nomor tersebut dapat langsung menjawab benar maka kelompok itu diberi kesempatan menunjuk salah satu temannya untuk menjawab soal nomor berikutnya. Seandainya, kelompok yang pertama mendapat kesempatan menjawab soal gagal maka kelompok itu diharuskan menjawab soal berikutnya dan seterusnya hingga berhasil menjawab benar. Tahap selanjutnya adalah postest, untuk mengetahui pemahaman serta keberhasilan belajar yang telah dicapai siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran pada mata pelajaran sistem pemindah tenaga kompetensi memelihara transmisi menggunakan penerapan metode snowball drilling ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari peningkatan rata-rata nilai postest; nilai rata-rata pada siklus I 6,9 dan ketuntasan belajar sebesar 68,75%; pada siklus II nilai rata-rata 7,52, ketuntasan belajar 78,13%; dan pada siklus III nilai rata-rata 7,84 dan ketuntasan belajar 87,50%. Peningkatan tersebut telah memenuhi KKM dan ketuntasan belajar yang telah ditentukan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran kooperatif snowball drilling.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 01:44
Last Modified: 29 Jan 2019 15:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2763

Actions (login required)

View Item View Item