PENGARUH LATIHAN BOLA GANTUNG BISA LEPASTERHADAP KEMAMPUAN SMASH KEDENG PADA MAHASISWA UKM SEPAKTAKRAW UNIVERSITAS YOGYAKARTA

Richy Nuur Huda (2015) PENGARUH LATIHAN BOLA GANTUNG BISA LEPASTERHADAP KEMAMPUAN SMASH KEDENG PADA MAHASISWA UKM SEPAKTAKRAW UNIVERSITAS YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya variasi latihan dalam melakukan smash kedeng dan sulitnya mengawali lompatan dalam mengambil posisi tubuh untuk melakukan smash kedeng ketika menjemput bola pada saat berada diatas net, sehingga bola keluar garis dan menyangkut di net. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh latihan bola gantung bisa lepas terhadap kemampuan smash kedeng pada mahasiswa UKM Sepaktakraw Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, desain penelitian yang digunakan one group pre test-post test design dimana dalam penlitian ini tidak ada kelompok pembanding. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa UKM Sepaktakraw yang berjumlah 20 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah menggunakan tes keterampilan smash kedeng oleh M. Husni Thamrin (2008:15). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t, yaitu dengan membandingkan hasil pretest dengan posttest pada kelompok eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh latihan bola gantung bisa lepas terhadap kemampuan smash kedeng. Uji hipotesis menunjukan nilai t hitung sebesar 13,358 > t tabel 2.093 dan nilai p 0,000 < 0,05 sehingga hal tersebut menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan smash kedeng setelah diberi perlakuan dengan latihan bola gantung bisa lepas. Berdasarkan rata-rata (mean) menunjukan rerata posttest = 22.15 > pretest = 18.05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh latihan bola gantung bisa lepas yang signifikan terhadap kemampuan smash kedeng pada mahasiswa UKM sepaktakraw Universitas Negeri Yogyakarta. Peningkatan kemampuan smash kedeng sebesar 4.10 atau 22.65% (diperoleh dari mean diffrent dibagi mean pretest dikalikan 100%). .

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: latihan bola gantung bisa lepas, smash kedeng, sepaktakraw
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Oct 2015 07:21
Last Modified: 11 Mar 2019 02:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27621

Actions (login required)

View Item View Item