PENGEMBANGAN BUSUR DARI PRALON UNTUK PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER PANAHAN SISWA SEKOLAH DASAR

Shaquila Awalia Fajri (2015) PENGEMBANGAN BUSUR DARI PRALON UNTUK PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER PANAHAN SISWA SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Shaquila PJKR 11601241009.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pengembangan produk busur pada penelitian ini dikembangkan berdasarkan permasalahan yang ada yaitu busur yang digunakan dalam pembelajaran tidak sesuai kemampuan siswa, kurangnya peralatan yang dimiliki sekolah, dan mahalnya peralatan panahan. Agar proses pembelajaran berjalan optimal maka perlu dilakukan pengembangan yang mengarah pada modifikasi busur. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa busur modifikasi yang berbahan dasar pralon untuk siswa sekolah dasar khususnya kelas 1-3 SD dengan rentang usia antara 6-9 tahun. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Adapun langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian ini yakni: analisis kebutuhan lapangan, desain modifikasi busur, pengembangan busur, tinjauan ahli praktisi dan akademisi, revisi produk pertama, uji coba lapangan, dan produksi akhir. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa peserta ekstrakurikuler panahan di Madrasah Ibtidaiyah Ashidiqy Sleman. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan instrumen berupa pedoman wawancara dan lembar penilaian. Teknik analisis data penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif persentase. Hasil penelitian yakni berupa busur dari pralon untuk siswa sekolah dasar kelas 1-3 SD. Ahli materi panahan menyatakan bahwa produk masuk dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 92,3%. Ahli sarana penjas menyatakan bahwa produk masuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 76,8%. Adapun hasil penilaian dari uji coba kelompok kecil masuk dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 84,3%. Serta hasil penilaian dari uji coba kelompok besar masuk dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 85,0%. Dengan demikian busur dari pralon yang dikembangkan, layak digunakan sebagai alat pembelajaran panahan bagi siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Alat Pembelajaran, Modifikasi busur, Panahan, Sekolah Dasar.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Oct 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 04:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27619

Actions (login required)

View Item View Item