EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PAGE MAKER PADA MATA PELAJARAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN KOMPETENSI DASAR PERBAIKAN SISTEM STARTER DI SMK MUHAMMADIYAH GAMPING

Aditya Taufiq, Ainurrohman (2012) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PAGE MAKER PADA MATA PELAJARAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN KOMPETENSI DASAR PERBAIKAN SISTEM STARTER DI SMK MUHAMMADIYAH GAMPING. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
THE_EFFECTIVENESS_OF_USING_WEB_PAGE_MAKER-BASED_LEARNING_MEDIA_ON_ELECTRICAL_AUTOMOTIVE_ENGINEERING_IN_STARTER_SYSTEM_MAINTENANCE_IN_SMK_MUHAMMADIYAH_GAMPING.pdf

Download (39kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media, peningkatan prestasi setelah menggunakan media, dan mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis Web Page Maker sebagai pendukung pembelajaran kelistrikan kendaraan ringan pada kompetensi perbaikan sistem starter di SMK Muhammadiyah Gamping. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan menggunakan desain penelitian nonequivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiyah Gamping yang berjumlah 55 siswa. Populasi tersebut dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas XII A untuk kelompok eksperimen berjumlah 30 siswa yaitu kelas yang diberi pembelajaran menggunakan media berbasis Web Page Maker dan kelas XII B untuk kelompok kontrol yang berjumlah 25 siswa diberi pembelajaran secara konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dengan menggunakan empat skala Likert untuk mengetahui penggunaan media sedangkan untuk mengetahui peningkatan penggunaan media dan efektivitas penggunaan media menggunakan tes berupa pretest dan posttest. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgement dan product moment. Reliabilitas instrumen dihitung menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistik deskriptif dan uji t (t test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran ini sangat baik dan sangat layak digunakan di SMK Muhammadiyah Gamping. Ini ditunjukkan dari penilaian dari guru pengampu yang menilai penggunaan media berdasarkan 4 aspek penilaian yaitu aspek isi materi, kemanfaatan media, desain layar, dan pengoprasian program menunjukkan nilai rata-rata 3,42 jika di konversikan dengan skala Likert menunjukkan bahwa kategori penggunaan media sangat baik. Hasil penelitian menggunakan tes menunjukkan prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata 61,6 (pretest) dan 75,1 (posttest) terdapat peningkatan persentase 9,86%. Sedangkan dari uji-t menunjukkan thitung 5,075 lebih besar dari ttabel 1,69 ini dapat disimpulkan terdapat peningkatan yang signifikan terhadap prestasi belajar pada kelas eksperimen. Sedangkan efektivitas penggunaan media dengan mengkorelasikan prestasi belajar kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan yaitu dari uji-t memperoleh thitung 1,74 lebih besar dari ttabel 1,67.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2012 01:44
Last Modified: 29 Jan 2019 15:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2761

Actions (login required)

View Item View Item