ACEP CEFI, FITRIANA (2011) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT MOTOR OTOMOTIF SISWA KELAS XII MEKANIK OTOMOTIF DI SMK PIRI I YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
|
Text
THE_RELATIONSHIP_OF_LEARNING_INDEPENDENCE_AND_FAMILY_ENVIRONMENT_TO_THE_STUDENT_ACHIEVEMENT_IN_A_SUBJECT_OF_TRAINING_AND_EDUCATION_�%80%9CAUTOMOTIVE_MOTOR�%80%9D_FOR_12th_GRADE_OF_AUTOMOTIVE_MECHANICS_IN_SMK_PIRI_I_YOGYAKARTA.pdf Download (63kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar dengan prestasi belajar mata diklat motor otomotif siswa kelas XII Mekanik Otomotif di SMK PIRI I Yogyakarta, mengetahui hubungan lingkungan keluarga dengan prestasi belajar mata diklat motor otomotif siswa kelas XII Mekanik Otomotif di SMK PIRI I Yogyakarta dan untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar dan lingkungan keluarga secara bersama-sama dengan prestasi belajar mata diklat motor otomotif siswa kelas XII Mekanik Otomotif di SMK PIRI I Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian populasi, subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XII Mekanik Otomotif di SMK PIRI I Yogyakarta yang berjumlah 87 siswa. Pengumpulan data kemandirian belajar dan lingkungan keluarga dilakukan dengan metode angket. Uji coba instrumen dilaksanakan pada siswa kelas XII Mekanik Otomotif (khusus Yamaha) sebanyak 29 siswa dan dianalisis menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar dan lingkungan keluarga dengan prestasi belajar digunakan teknik analisis korelasi Product Moment. Sedangkan untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar dan lingkungan keluarga secara bersama-sama dengan prestasi belajar digunakan teknik analisis korelasi ganda yang dilanjutkan dengan analisis regresi ganda. Tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Ada hubungan positif antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar mata diklat motor otomotif siswa kelas XII Mekanik Otomotif di SMK PIRI I Yogyakarta yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,605. (2) Ada hubungan positif antara lingkungan keluarga dengan prestasi belajar mata diklat motor otomotif siswa kelas XII Mekanik Otomotif di SMK PIRI I Yogyakarta yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,516. (3) Ada hubungan positif antara kemandirian belajar dan lingkungan keluarga secara besama-sama dengan prestasi belajar mata diklat motor otomotif siswa kelas XII Mekanik Otomotif di SMK PIRI I Yogyakarta ditunjukkan dengan koefisien korelasi (R) 0,636 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,405. Hal ini berarti sumbangan kemandirian belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar sebesar 40,5%, sedangkan 59,5% disumbang oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 07 Aug 2012 01:44 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 15:06 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2759 |
Actions (login required)
View Item |