Pengembangan Blog sebagai Media dalam Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keterampilan Kerja Sama Peserta Didik Kelas X MAN Yogyakarta III

Latifah, Eni (2015) Pengembangan Blog sebagai Media dalam Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keterampilan Kerja Sama Peserta Didik Kelas X MAN Yogyakarta III. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eni-latifah-13708251083.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik blog untuk pembelajaran fisika berbasis PjBL; (2) mengetahui kriteria kualitas perangkat pembelajaran fisika berbasis PjBL; serta (3) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan kerja sama peserta didik kelas X MAN Yogyakarta III. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Penelitian mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D (four D model). Langkah pengembangan meliputi studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan dan penyebaran. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X MAN Yogyakarta III pada semester kedua tahun ajaran 2014/2015. Sampel dipilih sebanyak dua kelas menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga didapat dua kelas sebagai sampel penelitian. Kelompok eksperimen menggunakan blog sebagai media pembelajaran berbasis PjBL, dan kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran biasa atau konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik tes. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui keterampilan kerja sama peserta didik. Aspek keterampilan kerja sama yang diteliti adalah bekerja produktif, tanggung jawab dan fleksibilitas. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada pokok bahasan Alat-Alat Optik sebelum dan sesudah perlakuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik peningkatan gain skor peserta didik, kemudian dilanjutkan dengan uji multivariate ( MANOVA), dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Blog sebagai media berbasis dalam pembelajaran fisika PjBL pada materi alat optik untuk peserta didik kelas X MAN Yogyakarta III yang dikembangkan memiliki karakteristik yaitu yaitu sebagai media untuk mengunduh materi pembelajaran secara online, interaksi antar peserta didik, mengupload dan dapat memberikan komentar serta di dalamnya terdapat menu seperti home, apersepsi, materi dan proyek pembelajaran; (2) perangkat pembelajaran fisika berbasis PjBL terdiri dari Blog, RPP, LKPD, Buku Pegangan Guru, Buku Peserta Didik, Lembar Observasi Keterampilan Kerja Sama dan Tes Pemecahan Masalah dengan kriteria dan kualitas baik; serta (3) Penerapan blog sebagai media dalam pembelajaran fisika berbasis PjBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan kerja sama peserta didik kelas X MAN Yogyakarta III, ditunjukan dengan presentase ketuntasan dan pencapaian gain standard hasil belajar yang lebih tinggi pada kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran, PjBL, keterampilan kerja sama, kemampuan pemecahan masalah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Oct 2015 08:57
Last Modified: 09 May 2019 03:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27581

Actions (login required)

View Item View Item