KEHIDUPAN WARANGGANA DITINJAU DARI PERSPEKTIF SOSIAL EKONOMI DI DUSUN NGRAJEK, DESA SAMBIREJO, KECAMATAN TANJUNGANOM, KABUPATEN NGANJUK, JAWA TIMUR

Trisnawati, Cindy (2013) KEHIDUPAN WARANGGANA DITINJAU DARI PERSPEKTIF SOSIAL EKONOMI DI DUSUN NGRAJEK, DESA SAMBIREJO, KECAMATAN TANJUNGANOM, KABUPATEN NGANJUK, JAWA TIMUR. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cindy Trisnawati 09209241013.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1)   mendeskripsikan tentang kehidupan sosial ekonomi waranggana, (2) mengetahui upaya waranggana untuk tetap survive secara ekonomi, dan (3) mengetahui tentang alasan waranggana tetap bertahan sebagai penari tayub. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Objek penelitiannya adalah waranggana. Subjek penelitiannya narasumber yang dapat dipercaya agar mendapat data yang valid dan realibilitas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah model interaksi Miles dan Hubermen yang meliputi pengumpulan data, reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), penarikan kesimpulan (verifikasi). Adapun uji keabsahan data menggunakan derajat keterpercayaan dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehidupan waranggana ditinjau dari perspektif sosial ekonomi di Dusun Ngrajek, Desa Sambirejo, Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur sudah sejahtera. Pemerintah berperan penting bagi kemajuan kehidupan waranggana yang membawa dampak positif. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi ekonomi waranggana yaitu: (1) ketrampilan, (2) faktor usia, dan (3) partisipasi masyarakat. Adapun upaya yang dilakukan waranggana agar tetap survive secara ekonomi adalah: (1) meningkatkan ketrampilan, (2) ngadisalira, (3) menjalankan laku spiritual. Adapun alasan waranggana tetap memilih profesi sebagai penari tayub adalah: (1) mempertahankan dan melestarikan budaya daerah, (2) penopang ekonomi keluarga, (3) membantu suami dalam mencukupi kebutuhan keluarga, (4) pendidikannya rendah, (5) biaya anak dan adik-adiknya, (6) ingin mengangkat derajat orang tua secara ekonomi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kehidupan waranggana, kehidupan sosial, dan kehidupan ekonomi
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 26 Oct 2015 04:25
Last Modified: 30 Jan 2019 04:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27553

Actions (login required)

View Item View Item