MATERI PEMBELAJARAN SENI RUPA BERMUATAN POTENSI LOKAL DI SMA NEGERI 1 TURI KELAS X, XI, XII SEMESTER GANJIL DAN GENAP TAHUN AJARAN 2012/2013

Susanti, Desy Dwi (2013) MATERI PEMBELAJARAN SENI RUPA BERMUATAN POTENSI LOKAL DI SMA NEGERI 1 TURI KELAS X, XI, XII SEMESTER GANJIL DAN GENAP TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Desy Dwi Susanti, 09207244015.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan materi pembelajaran seni rupa bermuatan potensi lokal, serta mengetahui pelaksanaan pembelajaran seni rupa bermuatan potensi lokal di SMA Negeri 1 Turi pada kelas X, XI, dan XII semester ganjil dan genap tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata dan tindakan, sumber data tertulis, dan foto yang diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri yang dengan dibantu oleh instrumen pendukung yaitu pedoman observasi, dokumentasi, dan wawancara, alat bantu penelitian yang digunakan adalah buku catatan atau peralatan tulis, alat perekam, dan kamera. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan materi pembelajaran seni rupa bermuatan potensi lokal ditekankan pada kebutuhan siswa, kondisi sekolah, dan kondisi wilayah. Pengembangan materi pembelajaran seni rupa berorientasi pada potensi salak. Pengembangan materi pembelajaran seni rupa mencakup aspek kognitif, psikomotor, dan afektif. Pengembangan materi pembelajaran seni rupa mencakup aspek kognitif, psikomotor, dan afektif. Materi pada aspek kognitif yaitu materi apresiasi dan berapresiasi seni. Materi pada aspek psikomotor yaitu materi produktif yang meliputi merancang dan membuat karya seni rupa. Aspek afektif yaitu nilai-nilai yang mengacu pada karakter, yaitu: tanggung jawab, disiplin, kreatif, mandiri, peduli lingkungan, religius, peduli sosial, cinta tanah air, kerja keras, menghargai prestasi. (2) Pelaksanaan pembelajaran seni rupa bermuatan potensi lokal dimulai dari tahap persiapan yaitu menyiapkan silabus dan RPP yang dikembangkan berdasarkan kompetensi dasar untuk pembelajaran bermuatan potensi lokal. Model pembelajaran yang digunakan adalah CTL. Media pembelajaran yang digunakan ialah contoh gambar dengan LCD proyektor, dan evaluasi dilakukan dengan tes tertulis dan penilaian karya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Materi, Potensi local, SMA N 1 turi
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: ?? fbs_kriya ??
Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa > Pendidikan Kriya
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 26 Oct 2015 03:57
Last Modified: 20 Sep 2023 01:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27549

Actions (login required)

View Item View Item