IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA KESEHATAN KELAS IV BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SD N JLABAN KECAMATAN SENTOLO KABUPATEN KULONPROGO

EN. Nara Barruni Cahya (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA KESEHATAN KELAS IV BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SD N JLABAN KECAMATAN SENTOLO KABUPATEN KULONPROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_EN. Nara Barruni Cahya.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan manusia yang berlangsung seumur hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan implementasi pembelajaran PJOK berdasar kurikulum 2013di SD N Jlaban Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulonprogo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang diintepretasikan dengan cara deskripsi, yang menyajikan data hasil penelitian berupa rangkaian kata-kata. Subjek dalam penelitian ini adalah guru penjasorkes SD N Jlaban, kepala sekolah. Objek dalam penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian/evaluasi pembelajaran penjasorkes. Pengambilan data dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus, analisis pada model ini menggunakan model analisa Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Instrumen utama dalam penelitian ini menggunakan pedoman observasi yang diambil dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.Dan instrumen pendukungnya adalah wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Pembelajaran Penjasorkes Berdasarkan Kurikulum 2013 di SD N Jlaban Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulonprogo adalah baik, implementasi tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil penelitian dari rencana pembelajaran adalah baik, pelaksanaan pembelajaran baik dan proses penilaianya juga baik. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan Implementasi Pembelajaran Penjasorkes Berdasarkan Kurikulum 2013 di SD N Jlaban Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulonprogo adalah baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, pembelajaran Penjasorkes, Kurikulum 2013
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Oct 2015 08:57
Last Modified: 30 Jan 2019 04:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27548

Actions (login required)

View Item View Item