PENYELESAIAN CAPACITATEDVEHICLE ROUTING PROBLEM (CVRP) MENGGUNAKAN ALGORITMA SWEEP UNTUK OPTIMASI RUTE DISTRIBUSI SURAT KABAR KEDAULATAN RAKYAT

Cahyaningsih, Wahyu Kartika (2015) PENYELESAIAN CAPACITATEDVEHICLE ROUTING PROBLEM (CVRP) MENGGUNAKAN ALGORITMA SWEEP UNTUK OPTIMASI RUTE DISTRIBUSI SURAT KABAR KEDAULATAN RAKYAT. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
15_BAB I.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16_BAB II.pdf

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Vehicle Routing Problem (VRP) merupakan suatu permasalahan yang berkaitan dengan penentuan rute yang optimal yang melibatkan lebih dari satu kendaraan dengan memperhatikan beberapa kendala atau batasan-batasan untuk melayani sejumlah agen sesuai dengan permintaannya masing-masing. Salah satu variasi dari VRP adalah capacitated vehicle routing problem (CVRP) yaitu dengan menambahkan kendala kapasitas kendaraan yang terbatas. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah menjelaskan pembentukan model CVRP pada permasalahan rute distribusi surat kabar Kedaulatan Rakyat dan penyelesaiannya menggunakan algoritma sweep sehingga diperoleh rute distribusi yang optimal. Algoritma sweepmerupakan algoritma yang terdiri dari dua tahap, yaitu tahap pertama terdiri dari clustering agen dan tahap kedua yaitu pembentukan rute-rute untuk masing-masing cluster. Metode yang digunakan dalam pembentukan rute pada penulisan skripsi ini yaitu menggunakan metode nearest neighbour. Langkah metode ini yaitu memasukkan satu persatu agen dengan jarak terdekat yang belum dikunjungi ke dalam rute dengan memperhatikan batasan kapasitas kendaraan tersebut. Hal tersebut dilakukan sampai setiap agen dikunjungi. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan dalam menyelesaikan permasalahan CVRP menggunakan algoritma sweep, diperoleh total jarak tempuh kendaraan yaitu 142.9 km dengan waktu tempuh 210 menit. Sedangkan total jarak tempuh kendaraan perusahaan saat ini yaitu 174.9 km dengan waktu tempuh 233 menit. Perhitungan persentase penghematan jarak yang telah dihitung yaitu didapatkan persentase sebesar 18.29 %. Hal ini menunjukkan bahwa algortima sweep dapat digunakan untuk memperoleh solusi yang optimal dalam menentukan rute distribusi suatu perusahaan. Kata kunci : capacitated vehicle routing problem (CVRP), algoritma sweep, rute distribusi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 26 Nov 2015 01:24
Last Modified: 30 Jan 2019 04:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27545

Actions (login required)

View Item View Item