EKSISTENSI DAN FUNGSI TARI DI SANGGAR NUUN FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Aminah, Beti (2013) EKSISTENSI DAN FUNGSI TARI DI SANGGAR NUUN FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Beti Aminah 05209241027.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Secara obyektif penulisan ini memberikan deskripsi tentang (1) eksistensi tari di sanggar “Nuun”, dalam hal ini berupa tari kreasi maupun tradisi yang ditampilkan dalam acara maupun kegiatan kampus, dan (2) fungsi tari di sanggar “Nuun” sebagai internalisasi tari dalam setiap pementasan teaternya. Dua hal tersebut menunjukkan bahwa eksistensi dan fungsi tari di sanggar Nuun meliputi: (i) Keberadaan tari di sanggar Nuun dimaksudkan sebagai wadah berkesenian, penjagaan tari sebagai warisan budaya yang harus tetap dilestarikan, sekalipun dalam universitas berbasis Islam (ii) Fungsi tari dalam sanggar Nuun adalah sebagai klimaks estetis dalam setiap karya-karyanya, penyampaian syi’ar Islam dengan menggunakan seni, membentuk pesan simbolis-transendental, suatu penyampaian khas dalam berdakwah sekaligus berkesenian, membentuk identitas masyarakat Nuun yang religius- humanistic.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: eksistensi dan fungsi tari
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 26 Oct 2015 03:48
Last Modified: 14 Feb 2017 04:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27543

Actions (login required)

View Item View Item