MEMBATIK DENGAN TEPUNG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK DI TK NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA

Paraswati, Era (2013) MEMBATIK DENGAN TEPUNG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK DI TK NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Era Paraswati, 08207241004.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tepung yang tepat digunakan membatik dalam upaya meningkatkan keterampilan motorik halus anak di TK Negeri Pembina Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental atau eksperimen semu (eksperimen yang tidak sebenarnya). Subjek penelitian adalah anak TK Negeri Pembina Yogyakarta kelompok B5 yang berjumlah 25 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah (1) Meningkatnya respon anak saat membatik pada pratindakan hingga siklus II, (2) Masing-masing aspek penilaian masuk dalam kategori tinggi dengan batas nilai lebih dari atau sama dengan 91 atau 91 = X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa membatik menggunakan tepung warna warni lebih disenangi anak-anak kelompok B5 TK Negeri Pembina Yogyakarta karena warnanya yang menarik sehingga anak-anak semangat membatik dengan begitu, motorik halus anak akan dapat terlatih dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan respon anak pada pratindakan, siklus I, dan siklus II. Berdasarkan hasil analisis, jumlah penilaian respon anak saat membatik pada pratindakan sebesar 315 dan mengalami peningkatan setelah kegiatan membatik mengguanakan media tepung pada siklus I sebesar 442,5 kemudian kembali mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 485. Dengan demikian, pada saat tindakan respon anak kelompok B5 TK Negeri Pembina Yogyakarta mengalami kenaikan dibandingkan dengan respon anak pada saat pratindakan. Hal ini disebabkan karena pada saat pratindakan, anak terlihat lebih tegang, tidak mandiri, dan takut saat kegiatan membatik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Membatik, keterampilan motorik, TK N Pembina yogyakarta
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: ?? fbs_kriya ??
Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa > Pendidikan Kriya
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 26 Oct 2015 03:28
Last Modified: 20 Sep 2023 01:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27540

Actions (login required)

View Item View Item