PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SENI TARI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA BAGI SISWA MTSNEGERI KARANGANYAR

Nuryani, Bangkit (2013) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SENI TARI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA BAGI SISWA MTSNEGERI KARANGANYAR. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Bangkit Nuryani 12209247023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIIIB MTsN Karanganyar tahun pelajaran 2012-2013 melalui penerapan model pembelajaran Tutor Sebaya. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung dari Bulan Mei sampai dengan Juli 2013. Penelitian ini terdiri atas dua siklus, masing-masing dengan tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting).Yang terlibat dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah peneliti, kolaborator, dan subjek penelitian yakni siswa kelas VIIIB MTsN Karanganyar tahun pelajaran 2012粀2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes unjuk kerja, catatan lapangan, kuesioner, dan dokumentasi. Untuk menguji validitas data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, dan triangulasi metode dan sumber. Teknis analisis yang digunakan adalah analisis kritis dan analisis deskriptif komparatif. Data kualitatif dianalisis dengan teknik analisis kritis, sedangkan data yang berupa tes,data kuantitatif, dianalisis secara deskriptif komparatif, yakni membandingkan skor tes antarsiklus dengan kriteria keberhasilan tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut.Rata-rata nilai siswa adalah 53,43 di kondisi pra siklus, 68,28 di siklus I, 83,85 di siklus II. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah apabila minimal 85% siswa mencapai nilai KKM yaitu75.Data ketuntasan belajar klasikal secara berturut-turut adalah 25,71% di kondisi pra siklus, 40% pada siklus I, dan pada siklus II 91,43%. Data- data di atas ditafsirkan dengan rentang kualitatif menunjukkan kategori mulai berkembang pada kondisi prasiklus, berkembang sesuai harapan di kondisi siklus I,berkembang sangat baik di siklus II. Berdasarkan data-data di atas dapat ditunjukkan bahwa penerapan model Tutor Sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar seni taribagi siswa kelas VIIIB MTsNegeri Karanganyar Tahun Pelajaran 2012-2013.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar seni tari, model pembelajaran, tutor sebaya
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 26 Oct 2015 03:29
Last Modified: 30 Jan 2019 04:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27538

Actions (login required)

View Item View Item