PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MELALUI METODE THINK PAIR AND SHARE PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 DEPOK YOGYAKARTA

Dia Sekarwulan Pramudewanti, Dia (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MELALUI METODE THINK PAIR AND SHARE PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 DEPOK YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi melalui metode Think Pair and Share pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Depok. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Dalam penelitian tindakan kelas ini, peneliti menggunakan metode Think Pair and Share guna meningkatkan kemampuan komunikasi siswa kelas VII SMP N 2 Depok. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Depok yang berjumlah 12 siswa putra dan 18 siswa putri. Instrumen penelitian menggunakan skala kemampuan komunikasi dengan bentuk skala likert. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi siswa kelas VII SMP 2 Depok dapat meningkat melalui metode Think Pair and Share. Metode ini mengajak siswa untuk berdiskusi memecahkan beberapa permasalahan yang berkaitan dengan kemampuan komunikasi dan siswa dituntut untuk dapat menyampaikannya di depan kelas. Berdasarkan hasil pre-test diketahui rata-rata pencapaian test kemampuan komunikasi sebesar 41,8 (50%). Pada pelaksanaan post test I pencapaian test kemampuan komunikasi sebesar 48,9 (58%). Pada pelaksanaan pre test dan post test I, peningkatan pencapaian kemampuan komunikasi terjadi peningkatan sebesar 7,1 (8%). Pencapaian pelaksanaan post test II hasil pencapaian kemampuan komunikasi sebesar 64,8 (77%). Berdasarkan pelaksanaan pre test hingga post test II terjadi peningkatan rata-rata kemampuan komunikasi sebesar 23 (27% ). . Kata kunci : kemampuan komunikasi, metode think pair and share

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 26 Oct 2015 03:14
Last Modified: 30 Jan 2019 04:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27537

Actions (login required)

View Item View Item