SURVEI KEMAMPUAN SELF-REGULATED LEARNING (SRL) SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KALASAN

Hana Nurfiani, Hana (2015) SURVEI KEMAMPUAN SELF-REGULATED LEARNING (SRL) SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KALASAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Hana Nurfiani_11104241003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan self-regulated learning kelas X di SMK Negeri 1 Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian survei, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 62 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas dengan penggunaan teknik sampling berupa random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa skala. Instrumen yang digunakan berupa skala kemampuan self-regulated learning. Validasi instrumen dilakukan menggunakan validasi konstruk berupa expert judgement, sedangkan uji reliabilitas instrumen dilakukan dengan menggunakan teknik Alpha Cronbach untuk skala kemampuan self-regulated learning sebesar 0,894 yang menunjukkan realibilitas sangat tinggi. Teknik analisis data yang digunakan yakni dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kemampuan self-regulated learning pada siswa kelas X di SMK Negeri 1 Kalasan secara keseluruhan berada pada kategori sedang, yaitu dengan perolehan kemampuan self-regulated learning dalam kategori sedang yakni 28 siswa (45%). Hasil analisis pada setiap aspeknya yakni, pada 1) aspek perencanaan berada pada kategori sedang dengan jumlah 32 siswa (52%) yang meliputi menentukan strategi belajar yang akan digunakan, merasa memiliki kewajiban untuk menyelesaikan tugas, dan mengatur diri untuk persiapan belajar, 2) pada aspek pelaksanaan berada pada kategori sedang dengan jumlah 28 siswa (45%) meliputi menerapkan strategi kognitif dan metakognitif, memonitor dan mengontrol emosi dan motivasi belajar, dan melakukan kegiatan, serta 3) aspek evaluasi berada pada kategori sedang, dengan jumlah siswa dalam kategori sedang 28 siswa (45%) meliputi memilih strategi untuk mengatasi kegagalan, merasa mampu mengevaluasi hasil belajar, meninjau kembali hasil pekerjaan sendiri. Kata kunci: kemampuan self-regulated learning, siswa kelas X

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 26 Oct 2015 03:00
Last Modified: 30 Jan 2019 04:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27535

Actions (login required)

View Item View Item