PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL TENTANG PRAKTIKUM KOLOID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI BAGI SISWA SMA/MA KELAS XI SEMESTER 2

Anjar Purba , Asnrara (2010) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL TENTANG PRAKTIKUM KOLOID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI BAGI SISWA SMA/MA KELAS XI SEMESTER 2. S1 thesis, UNY.

[img] Text
PENGEMBANGAN_MEDIA_AUDIO_VISUAL_TENTANG_PRAKTIKUM.docx

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran untuk pendidikan kirnia. T'ujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menyusun media audio visual tentang praktikum koloid sebagai media pembelajaran mandiri bagi siswa SWA/1MA dz.n (2) untuk mengetahui kualitas media yang telah disusun berdasarkan penilaian guru k.irnia SMA/MA. Penyusunan media audio,visual tentang praktikum koloid ini dibimbing oleh dosen pembimbing serta imendapat masukan d;iri ahli media dan peer reviewer. lnstrur-ien penelitiarv media audio visual tentang praktikum koloid berupa angket yang berisi aspek dan kritegia pe,nilaian kualitas media. Penilaian dilakukan oleh 5 orang guru kimia SM,A wilayah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Instrumen penilaian meliputi 8 aspel.c dengan 36 indikator penilaian. Hasil penilaian berupa data kuantitatif yang diubah menjadi data kualitatif, kemudian ditabuaasi dan d:analisis dengan pedinroan kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas media audio visual tentang praktikum koloid. Hasil pe;ngembangan ini berupa media audio visual tentang praktikum koloid bagi siswa SMA/MM kc;las XI yang disimpan dalam CD. Media audio ini terdiri dari 5 praktikum dan de:monstrasi, yaitu: perbedaan campuran, sifat-sifat koloid, jenis¬jenis koloid, pembuatan koloid secara dispersi, dan pembuatan koloid secara konderasasi. Komponen media audio visual ini terdiri dari Standar Kompetensi, Kompr:;tensi Dasar, materi praktikum koloid (tambahan yang didowntoad dari Pustekkom), pa;tun,juk penggunaan, 17 file video, lembar evaluasi umum (30 soal pilihan ganda), dan lembar evaluasi praktikum i',soal essay). Berdasarkan penilaian guru kimia SMA, media audio visual ini mempunyai kualitas baik (B) dengan skor rata-rata 138,84 yang lebih kecil dari pada skor ideal yang besarnya 144 dan persentase keidealan sebesar 77,13 %. Oleh karena itu, media audio visual ini dapat digunakarr sebagai sumber belajar bagi siswa SMA/MA kelas XI.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 01:45
Last Modified: 29 Jan 2019 15:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2753

Actions (login required)

View Item View Item