PENILAIAN HASIL BELAJAR KRIYA KULIT BERBASIS KURIKULUM 2013 SEMESTER GENAP PADA SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Rohma, Rizky Nur (2015) PENILAIAN HASIL BELAJAR KRIYA KULIT BERBASIS KURIKULUM 2013 SEMESTER GENAP PADA SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Prodi. Pendidikan Seni Kerajinan.

[img]
Preview
Text
skripsi_full.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan unt entang penilaian hasil belajar dan refleksi guru terhadap hasil belajar siswa kela i SMK Negeri 1 Kalasa nstrumen pendukung berupa pedoman observasi, pedom Yogyak uk mengkaji t s XI Kriya Kulit d n Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan instrumen utama adalah peneliti sendiri dan i an wawancara, pedoman dokumentasi, serta alat bantu perlengkapan mencatat dan kamera. Penelitian ini difokuskan pada penilaian hasil belajar siswa kelas XI dengan berbasis pada kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data menggunakan teknik analisis data model Ian Dey serta pemeriksaan keabsahan datanya menggunakan metode triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1) evaluasi hasil belajar pada mata pelajaran produktif kriya kulit tatah sungging kelas XI di SMK Negeri 1 Kalasan Sleman arta berbasis kurikulum 2013 yang terdiri dari tiga ranah yaitu sikap, pengetahuan, dan ketrampilan. Dari tiga ranah tersebut ada beberapa penilaian yang telah terlaksana di SMK Negeri 1 Kalasan Sleman Yogyakarta yaitu penilaian sikap kelas, penilaian tes tertulis, penilaian unjuk kerja, penilaian proyek. Sehingga masih ada yang belum terlaksana dilapangan. Hal ini disebabkan oleh beberapa kendala salah satu diantaranya adalah jam efektif belajar yang belum cukup untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013; 2) Refleksi hasil belajar siswa yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kalasan Sleman Yogyakarta dibagi menjadi 2 kategori yaitu remedial, dan pengayaan. Remedial bertujuan untuk memperbaiki pemahaman peserta didik. Pengayaan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, penilaian, hasil belajar.
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa > Pendidikan Kriya
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 26 Oct 2015 02:48
Last Modified: 30 Jan 2019 04:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27529

Actions (login required)

View Item View Item