IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Eusabia, Floreza Waybin (2015) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Eusabia Floreza Waybin 10505244022.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Oleh: Eusabia Floreza Waybin NIM. 10505244022 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perencanaan pembelajaran berbasis Kurikulum 2013; (2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 yang dilaksanakan di SMK Negeri 3 Yogyakarta; (3) mengetahui penilaian hasil belajar siswa berbasis Kurikulum 2013 di SMK Negeri 3 Yogyakarta; (4) mengetahui hambatan yang dialami saat mengimplemetasikan Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran di SMK Negeri 3 Yogyakarta; (5) mengetahui upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan saat mengimplementasikan Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan populasi, dengan responden 51 guru kelas X kelompok mata pelajaran program produktif di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Variabel penelitian ini adalah implementasi Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji validitas instrumen penelitian berdasarkan validasi logis dan validasi empiris. Uji reliabilitas menggunakan teknik Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) implementasi Kurikulum 2013 dalam perencanaan pembelajaran berada dalam kategori sebagian besar terlaksana dengan mean 71,27; (2) hambatan yang terjadi adalah pembagian materi pembelajaran ke dalam jam dan hari efektif sekolah yang masih rumit, belum adanya sosialisasi Kurikulum 2013 untuk kelompok mata pelajaran produktif, sebagian besar mata pelajaran kelompok program produktif belum ada silabusnya; (3) upaya untuk mengatasinya adalah guru menyesuaikan waktu/jam dan materi yang relevan dengan kondisi di sekolah, melakukan konsultasi dengan Kaprodi, Sekjur, maupun dalam forum MGMP; (4) implementasi Kurikulum 2013 dalam pelaksanaan pembelajaran berada dalam kategori sebagian besar terlaksana dengan mean 46,78; (5) hambatan yang terjadi adalah pendekatan scientific approach, project based learning, discovery learning masih sulit diterapkan, terbatasnya bahan ajar, dan kurangnya fasilitas sekolah; (6) upaya untuk mengatasinya adalah guru melakukan berbagai pendekatan pembelajaran agar tercipta suasana belajar aktif, memaksimalkan fasilitas KBM; (7) implementasi Kurikulum 2013 dalam penilaian hasil belajar siswa berada dalam kategori sebagian besar terlaksana dengan mean 47,41; (8) hambatan yang terjadi adalah keterbatasan waktu dalam mengamati setiap siswa, belum mengenal secara menyeluruh terhadap setiap siswa, siswa ada yang tidak mengikuti proses KBM; (9) upaya untuk mengatasinya adalah guru mengelompokkan siswa di setiap kegiatan pembelajaran dibantu dengan penilaian antarteman, serta penambahan tugas dan diadakannya kegiatan remidial. Kata kunci: implementasi, Kurikulum 2013, perencanaan, pelaksanaan, penilaian hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 26 Oct 2015 02:38
Last Modified: 30 Jan 2019 04:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27522

Actions (login required)

View Item View Item