Erwin, Fauzi (2015) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PEMAHAMAN SOFT SKILLS DENGAN NILAI PRAKTIK PROSES PEMESINAN SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK PIRI I YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.
|
Text
Erwin Fauzi 05503241017.pdf Download (495kB) | Preview |
Abstract
HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PEMAHAMAN SOFT SKILLS DENGAN NILAI PRAKTIK PROSES PEMESINAN SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK PIRI I YOGYAKARTA ABSTRAK Oleh: Erwin Fauzi 05503241017 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat pemahaman soft skills; (2) gambaran nilai Praktik Pemesinan; dan (3) hubungan antara tingkat pemahaman soft skills dengan nilai praktik proses pemesinan siswa kelas X jurusan Teknik Pemesinan SMK PIRI I Yogyakarta Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data deskriptif persentase dan korelasi product moment. Populasi penelitian adalah siswa kelas X jurusan Teknik Pemesinan SMK PIRI I Yogyakarta yang berjumlah 16 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat pemahaman soft skills siswa kelas X jurusan Teknik Pemesinan SMK PIRI I Yogyakarta termasuk kategori tinggi yaitu mayoritas siswa memiliki skor di atas 85; (2) lebih dari separuh (56.25%) siswa memiliki nilai praktik pemesinan kategori tinggi dan sisanya termasuk kategori sedang; (3) ada hubungan positif antara tingkat pemahaman soft skills dengan nilai praktik proses pemesinan siswa kelas X jurusan Teknik Pemesinan SMK PIRI I Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi product moment sebesar 0.571 yang termasuk korelasi sedang atau cukup, sedangkan r hitung lebih besar dari r tabel pada taraf signigikansi 5% yang berarti hipotesis alternatif diterima dengan besar kontribusi sebanyak 32.60%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 26 Oct 2015 02:35 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 04:40 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27521 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |