ALGORITMA GENETIK PADA PENYELESAIAN CAPACITATED VECHILE ROUTING PROBLEM ( Optimasi Rute Pendistribusian Aqua Galon PT. Tirta Investama)

Dirgantara, Adam Arif (2015) ALGORITMA GENETIK PADA PENYELESAIAN CAPACITATED VECHILE ROUTING PROBLEM ( Optimasi Rute Pendistribusian Aqua Galon PT. Tirta Investama). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
c.BAB II.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
b.BAB I.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

Capacitated Vechile Routing Problem (CVRP) merupakan permasalahan optimasi rute pendistribusian dengan kendala setiap kendaraan memiliki kapasitas. Permasalahan CVRP dimodelkan agar diselesaikan dengan algoritma genetika.Masalah CVRP yang akan dibahas adalah menentukan rute pendistribusian Aqua galon PT. Tirta Investama agar diperoleh rute pendistribusian terbaik atau meminimumkan total jarak tempuh semua kendaraan. Pemodelan kasus pendistribusian kedalam CVRP dengan bentuk graf dan fungsi tujuan dengan kendala-kendala CVRP. Proses algoritma genetik dimulai dengan membangkitkan populasi awal kemudian dihitung nilai fitnesssetiap individunya. Individu pada populasi diseleksi untuk menjadi induk dengan metode rank – based selection, dan dilakukan crosssover dengan metode order crossover. Generasi baru hasilcrossover dikenai proses mutasi dengan metode swapping mutation. Proses terakhir yaitu menyusun populasi baru dan mengulangi proses seleksi, crossover, dan mutasi sampai dengan jumlah iterasi yang diinginkan. Rute optimum dengan total jarak rute pendistribusian Aqua galon PT. Tirta Investama diperoleh jarak sejauh 150,9 Km. Hasil ini diperoleh dengan menggunakan 20 individu pada populasi dan 10.000 iterasi sehingga menghasilkan nilai fitness sebesar 0,006628. Kata kunci: algoritma genetika, CVRP, pendistribusian Aqua galon.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 25 Nov 2015 06:48
Last Modified: 30 Jan 2019 04:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27520

Actions (login required)

View Item View Item