PENERAPAN METODE GUIDED NOTE TAKING DENGAN BANTUAN HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KOMPETENSI DASAR MEMPERBAIKI UNIT KOPLING DAN KOMPONEN-KOMPONEN SISTEM PENGOPERASIAN UNTUK SISWA KELAS XI SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA

Erwin, Dedi Prihantoro (2015) PENERAPAN METODE GUIDED NOTE TAKING DENGAN BANTUAN HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KOMPETENSI DASAR MEMPERBAIKI UNIT KOPLING DAN KOMPONEN-KOMPONEN SISTEM PENGOPERASIAN UNTUK SISWA KELAS XI SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Erwin Dedi P 09504242001 Penerapan Metode Guided Note Taking.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN METODE GUIDED NOTE TAKING DENGAN BANTUAN HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KOMPETENSI DASAR MEMPERBAIKI UNIT KOPLING DAN KOMPONEN-KOMPONEN SISTEM PENGOPERASIAN UNTUK SISWA KELAS XI SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA Oleh Erwin Dedi Prihantoro NIM 09504242001 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Program Keahlian Teknik Otomotif Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Perindustrian Yogyakarta pada standar kompetensi dasar memperbaiki unit kopling dan komponen-komponen sistem pengoperasian melalui penerapan metode pembelajaran guided note taking dengan bantuan handout. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang pada prosesnya menerapkan metode pembelajaran guided note taking dengan bantuan handout. PTK ini ada 4 tahapan yang dilakukan yaitu perencaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Objek penelitian ini adalah siswa XI B3 di SMK Perindustrian Yogyakarta dengan jumlah 25 siswa. Instrumen penelitian menggunakan soal dan lembar observasi yang sudah divalidasi oleh ahli materi. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan menentukan rata-rata hasil belajar kemudian dilakukan analisis validitas sedangkan untuk data observasi dilakukan analisis kualitatif. Hasil penelitain tindakan kelas dengan metode guided nota taking dengan bantuan handout berhasil meningkatkan keaktifan siswa yang dari 37% pada siklus pertama menjadi 56% pada siklus kedua. Seiring dengan peningkatan keaktifan siswa hasil belajar siswa juga ikut naik dari observasi sebesar 6,4 menjadi 6,8 pada siklus pertama dan naik menjadi 7,9 pada siklus 2. Penerapan metode belajar ini juga berhasil menuntaskan belajar siswa mencapai 100% pada siklus 2. Kata kunci : PTK, Guided note taking, Handout, keaktifan belajar, hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 26 Oct 2015 02:30
Last Modified: 30 Jan 2019 04:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27518

Actions (login required)

View Item View Item