EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELAYANI MAKAN DAN MINUM KELAS XI DI SMK N 1 AMBAL KEBUMEN

Erna, Damayanti (2015) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELAYANI MAKAN DAN MINUM KELAS XI DI SMK N 1 AMBAL KEBUMEN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Erna Damayanti 09511244028.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELAYANI MAKAN DAN MINUM KELAS XI DI SMK N 1 AMBAL KEBUMEN ABSTRAK Erna Damayanti 09511244028 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran power point pada sub kompetensi menyediakan layanan makanan dan minuman pada kelas XI di SMK N 1 Ambal Kebumen. 2) hasil belajar siswa dengan menggunakan media modul pada sub kompetensi menyediakan layanan makanana dan minuman pada kelas XI di SMK N 1 Ambal Kebumen. 3) apakah ada perbedaan hasil belajar menggunakan media power point dan media modul pada kompetensi menyediakan layanan makanan dan minuman pada kelas XI di SMK N 1 Ambal Kebumen. Jenis penelitian ini adalah Quasi ekperimen. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai Juni 2013 di SMK Negeri 1 Ambal Kebumen. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Validitas dan Reliabilitas menggunakan program ITEMAN dengan hasil validasi dari 55 butir soal didapatkan soal yang valid sebanyak 39 soal. Teknik analisis data dengan tes statistik deskriptif dan uji-t. Populasi penelitian siswa kelas XI SMK N 1 Ambal yang mengikuti pelajaran melayani makan dan minum. Sampel penelitian siswa kelas XI TB 1 untuk kelas eksperimen 32 siswa dan kelas kontrol TB 2 30 siswa, sehingga total sampel penelitian berjumlah 62 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen di SMK Negeri 1 Ambal pada pembelajaran melayani makan dan minum sub kompetensi meyediakan layanan makanan dan minuman dengan menggunakan media pembelajaran modul yaitu pre-test 61,23 dan untuk postest 84,94. 2) Sedangkan hasil belajar untuk kelas kontrol yaitu untuk nilai pre-test 62,13 dan untuk postes 76,58. 2) Hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Ambal dengan menggunakan media pembelajaran modul dapat dikatakan meningkat. Hal ini terbukti pada penggunaan media pembelajaran modul menunjukan daya beda yang signifikan yaitu Thitung 2,854 > Ttabel 2,006 pada taraf signifikan 5%. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen yaitu 23,72 sedangkan kelas kontrol 14,44. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi “ada efektifitas penggunaan media pembelajaran modul pada pencapaian kompetensi melayani makan dan minum di SMK N 1 Ambal Kebumen” dapat diterima. Artinya pembelajaran kompetensi melayani makan dan minum dengan menggunakan modul lebih efektif dibandingkan menggunakan power point. Kata Kunci : Efektifitas Media Pembelajaran; Melayani Makan dan Minum

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 26 Oct 2015 02:21
Last Modified: 30 Jan 2019 04:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27516

Actions (login required)

View Item View Item