KEBIJAKAN PENINGKATAN KUALITAS PROFESIONALISME GURU TINGKAT SEKOLAH DASAR PASCA OTONOMI DAERAH DI KABUPATEN SUMBAWA

Yuli, Armawati (2015) KEBIJAKAN PENINGKATAN KUALITAS PROFESIONALISME GURU TINGKAT SEKOLAH DASAR PASCA OTONOMI DAERAH DI KABUPATEN SUMBAWA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Yuli Armawati_11110241008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebijakan peningkatan kualitas profesionalisme guru tingkat sekolah dasar pasca otonomi daerah di Kabupaten Sumbawa serta implementasi kebijakan tersebut melalui program- program. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ialah Kepala Seksi Peningkatan Mutu Pendidik dan Kependidikan TK&SD dan 5 kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumen. Analisis data menggunakan model Hubberman&Milles yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Kebijakan peningkatan kualitas profesionalisme guru sekolah dasar di Kabupaten Sumbawa yakni pembinaan gugus dan peningkatan kualifikasi pendidik. 2) Implementasi kebijakan berupaprogram peningkatan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Sarjana (S-1) Kependidikan bagi Guru dalam Jabatan (SKGJ) telah tercapai 78,02%. Implementasi menggunakan teori Grindle yakni keberhasilan kebijakan ditentukan oleh isi kebijakan meliputi: mempengaruhi guru, kepala sekolah dan siswa, meningkatkan kualitas pendidikan, guru menjadi aktif, kreatif, dan inovatif, kebijakan dibuat dengan menerima aspirasi dan usulan, dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Sumbawa, guru, dan kepala sekolah, mengerahkan sumber daya manusia serta sarana prasarana. Konteks implementasinya meliputi: kebijakan diimplemetasikan dengan baik dan tepat sasaran, Pemerintah Daerah dan Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Sumbawa terbuka terhadap kebijakan yang senantiasa berubah dan menerima masukan dari berbagai pihak, serta mendapat respon yang baik dari guru. 3) Faktor pendukung program meliputi: peran aktif Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Sumbawa berupa pendampingan secara material maupun moril, dan antusiasme guru. 4) Faktor penghambat: jarak tempuh jauh dan faktor usia guru. 5) Dampak program yakni guru lolos sertifikasi sebagai pendidik profesional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 26 Oct 2015 01:51
Last Modified: 30 Jan 2019 04:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27507

Actions (login required)

View Item View Item