IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR NEGERI PLAOSAN 1 DAN SEKOLAH DASAR NEGERI POJOK DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sugianto, Sugianto (2015) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR NEGERI PLAOSAN 1 DAN SEKOLAH DASAR NEGERI POJOK DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Sugianto_11110241006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses, faktor pendukung, faktor penghambat serta strategi sekolah menangani hambatandalam Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar Negeri Plaosan 1 dan Sekolah Dasar Negeri Pojok. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Tempat penelitian di SD N Plaosan 1 dan SD N Pojok. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru pendamping khusus dan guru kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung, wawancara terstruktur dan bebas, dan dokumentasi resmi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Huberman dan Milles yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah sudah melaksanakan proses implementasi kebijakan pendidikan inklusi dengan menjalankan dan mentaati peraturan Dinas Pendidikan. Program sekolah sudah dilaksanakan tetapi dalam pelaksanaannya tidak optimaldan tidak sesuai dengan yang diharapkan karena masih ada program pembelajaran individu yang belum lengkap. Faktor pendukung berasal dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta dengan mengadakan seminar khusus untuk guru, guru pendamping khusus, dan kepala sekolah. Faktor Penghambat meliputi fasilitas dan sarana prasarana masih kurang seperti media terapi, alat peraga matematika dan ruang bimbingan khusus siswa berkebutuhan khusus. Strategi sekolah dengan mengadakan jam tambahan untuk siswa berkebutuhan khusus setelah pulang sekolah dua kali dalam satu minggu.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 26 Oct 2015 01:48
Last Modified: 30 Jan 2019 04:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27504

Actions (login required)

View Item View Item