IMPLEMENTASI PROGRAM REGULER HOMESCHOOLING ANAK PELANGI YOGYAKARTA

Razanul, Fikri (2015) IMPLEMENTASI PROGRAM REGULER HOMESCHOOLING ANAK PELANGI YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Razanul Fikri_11110244045.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program reguler Homeschooling Anak Pelangi Yogyakarta yang meliputi proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program, serta factor pendukung dan penghambat sekaligus upaya yang dilakukan dalam menanggulangi dan meminimalisir factor penghambat implementasi program reguler Homeschooling Anak Pelangi Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Pejabat Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta bagian Pendidikan Non Formal (PNF),pengelola homeschooling, tutor, siswa, dan orangtua siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik pemeriksaan data menggunakan triangulasi data sumber dan metode. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti dengan menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program reguler Homeschooling Anak Pelangi berlangsung dengan baik. Indikator yang diambil dalam meneliti implementasi program reguler Homeschooling Anak Pelangi ialah proses perencanaan program, proses implementasi program, yang terdiri dari kegiatan pembelajaran, kurikulum, evaluasi belajar, pendanaan, fasiltas, serta proses evaluasi program. Dalam implementasi program reguler Homeschooling Anak Pelangi ditemui beberapa faktor penghambat, yakni homeschooling masih asing bagi sebagian besar kalangan masyarakat luas. Luas bangunan Homeschooling Anak Pelangi yang tidak ideal dalam melakukan kegiatan pembelajaran, kerapnya terjadi miskomunikasi atau perbedaan persepsi antara Homeschooling Anak Pelangi dengan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, serta banyaknya siswa yang berlaku indisipliner.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 26 Oct 2015 01:42
Last Modified: 30 Jan 2019 04:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27503

Actions (login required)

View Item View Item