PENDIDIKAN MORAL DALAM KELUARGA DI KAMPUNG JAMBON, CACABAN, KOTA MAGELANG

Fabiolla, Risqie (2015) PENDIDIKAN MORAL DALAM KELUARGA DI KAMPUNG JAMBON, CACABAN, KOTA MAGELANG. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Fabiolla Risqie_11110241024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pendidikan moral yang terjadi dalam keluarga di Kampung Jambon, Cacaban, Magelang Tengah, Kota Magelang. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan ilmu pendidikan dengan subjek penelitian yang diambil adalah warga Kampung Jambon yang terdiri dari empat ibu, satu ayah, dan lima anak dari lima keluarga. Objek penelitian ini berupa pendidikan moral dalam keluarga. Setting penelitian mengambil tempat di Kampung Jambon, Kelurahan Cacaban, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh dari triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi pedidikan moral yang diberikan adalah religiusitas, sosial, kesetaraan gender, demokrasi, kejujuran, kemandirian, dan tanggung jawab. Baik ayah maupun ibu mempunyai peran yang sama dalam mendidik anak tergantung situasi dan jenis pekerjaan. Orangtua menanamkan nilai moral dengan menggunakan metode teladan, nasehat, hukuman, serta pengawasan. Proses pendidikan moral terhenti ketika anak memasuki tahap remaja akhir.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 26 Oct 2015 01:37
Last Modified: 30 Jan 2019 04:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27500

Actions (login required)

View Item View Item