Kemampuan Guru Sejarah dalam Mendesain dan Melaksanakan Pembelajaran Sejarah Indonesia Berbasis Kurikulum 2013 di SMA N 2 Bantul Tahun Ajaran 2015-2016

Rahayu, Ike Dwi (2015) Kemampuan Guru Sejarah dalam Mendesain dan Melaksanakan Pembelajaran Sejarah Indonesia Berbasis Kurikulum 2013 di SMA N 2 Bantul Tahun Ajaran 2015-2016. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi PDF Jadi Oke Fix's Siap 11406244032.swf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan guru dalam mendesain dan melaksanakan pembelajaran sejarah dengan adanya penerapan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mendesain dan melaksanakan pembelajaran sejarah serta cara mengatasi kesulitan-kesulitan guru sejarah dalam mendesain dan melaksanakan pembelajaran sejarah dengan menggunakan kurikulum 2013 di SMA N 2 Bantul. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dalam penelitian ini digali hal-hal yang berkaitan dengan mendesain dan melaksanakan pembelajaran sejarah. Narasumber dalam penelitian ini adalah semua pihak yang terlibat dalam pembelajaran sejarah, seperti kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru mata pelajaran sejarah dan perwakilan siswa di SMA N 2 Bantul. Adapun pengambilan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara dengan narasumber, serta dokumentasi yang mendukung penelitian. Validitas data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) kemampuan guru sejarah dalam mendesain dan melaksanakan pembelajaran sejarah berbasis kurikulum 2013 di SMA N 2 Bantul sudah cukup baik walaupun masih dalam proses untuk mencapai hasil yang maksimal. 2) kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru antara lain kurangnya alokasi waktu, perubahan kurikulum akan berimbas kepada perubahan susunan komponen dalam RPP, kurangnya pengarahan dari pihak sekolah. 3) cara mengatasi kesulitan-kesulitan yang ada guru melakukan tukar informasi dengan sesama guru, mengatasi keterbatasan waktu dalam melakukan perencanaan dan pelaksanaan dengan memaksimalkan waktu sebaik mungkin guna memperbaiki kualitas pembelajaran. Kata kunci: kemampuan guru, mendesain pembelajaran, melaksanakan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 26 Oct 2015 01:24
Last Modified: 30 Jan 2019 04:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27493

Actions (login required)

View Item View Item