PARTISIPASI SOSIAL MASYARAKAT DALAM UPAYA PEMBANGUNAN PARIWISATA DESA BAHASA (Studi di Desa Ngargogondo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang)

Prasetyo, Gurindra Budi (2015) PARTISIPASI SOSIAL MASYARAKAT DALAM UPAYA PEMBANGUNAN PARIWISATA DESA BAHASA (Studi di Desa Ngargogondo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI 11413241025.swf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang berdirinya Desa Ngargogondo menjadi Desa Bahasa serta mengetahui bentuk partisipasi sosial yang dilakukan dari warga Desa Ngargogondo dalam mendukung pembangunan pariwisata Desa Bahasa. Kajian tentang partisipasi sosial ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Informan dipilih menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan beberapa kriteria, yaitu Founder atau pendiri Desa Bahasa, Staff Desa Bahasa serta warga Desa Ngargogondo yang rumahnya digunakan sebagai homestay. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi atau arsip. Proses analisis data penelitian ini menggunakan analisis model Miles dan Huberman, mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, hingga proses penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Desa Bahasa berdiri dengan tujuan untuk mensejahterakan warga Desa Ngargogondo melalui pembelajaran Bahasa Inggris yang gratis pada awalnya untuk meningkatkan taraf hidup. Seiring waktu pembelajaran tersebut dibuka untuk umum dan mendapatkan respon positif. Perjalanan Desa Bahasa sempat jatuh bangun karena kesulitan finansial. Tahun 2011 Desa Bahasa bangkit dengan terobosan baru Eduwisata. Setelah itu bentuk partisipasi sosial warga Desa Ngargogondo dalam mendukung pembangunan pariwisata Desa Bahasa dibedakan kedalam tahap perencanaan dan tahap implementasi. Partisipasi sosial pada tahap perencanaan yakni partisipasi pada pengambilan keputusan. Partisipasi sosial pada tahap implementasi yakni partisipasi pada tahap perencanaan, pengambilan manfaat, dan yang terakhir partisipasi pada tahap evaluasi. Selain partisipasi tersebut di atas terdapat pula partisipasi lain yang mendukung pembangunan pariwisata Desa Bahasa yakni partisipasi dalam bentuk tenaga, pikiran, pikiran dan tenaga, barang, keahlian dan uang. Kata kunci : partisipasi sosial, Desa Bahasa, Desa Ngargogondo

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 26 Oct 2015 01:06
Last Modified: 30 Jan 2019 04:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27490

Actions (login required)

View Item View Item