Pengembangan Model Pembelajaran Pengenalan Teknik Dasar Tenis Meja Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas

Purwanto, Danang Dwi (2015) Pengembangan Model Pembelajaran Pengenalan Teknik Dasar Tenis Meja Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-danang-dwi-purwanti-11711251029.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan model pembelajaran pengenalan teknik dasar tenis meja untuk siswa sekolah dasar kelas atas. Model pengenalan teknik dasar tenis meja yang dikembangkan adalah teknik forehand dan backhand yang disesuaikan dengan kurikulum dan karakteristik siswa SD kelas atas. Model pengenalan teknik dasar tenis meja bertujuan agar digunakan guru dalam penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar tenis meja untuk siswa SD kelas atas. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang terdiri atas dua tahapan yaitu tahap penelitian pendahuluan dan tahap pengembangan. Tahap penelitian pendahuluan terdiri dari kajian literatur, kajian penelitian relevan dan studi lapangan. Tahap pengembangan terdiri perencanaan, validasi ahli, uji skala kecil, dan uji skala besar. Validasi melibatkan 3 orang ahli. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap siswa kelas atas (kelas V) SD Negeri Klodangan Banguntapan Bantul Yogyakarta berjumlah 8 siswa. Uji coba lapangan skala besar dilakukan di 3 sekolah yaitu SD Negeri 2 Berbah Sleman Yogyakarta yang berjumlah 16 siswa (kelas V), SD Negeri Klodangan Banguntapan Bantul Yogyakarta yang berjumlah 16 siswa (kelas VI) dan SD Negeri Semuten Dlingo Bantul berjumlah 16 siswa (kelas IV) . Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah petunjuk umum wawancara, catatan lapangan, lembar evaluasi, angket skala nilai validasi, rubrik penilaian siswa, pedoman observasi, dan pedoman observasi keefektifan permainan. Hasil penelitian berupa pengembangan model pembelajaran pengenalan teknik dasar tenis meja terdiri atas: (1) teknik dasar peganggan, (2) kontrol bola ; dan (3) teknik dasar memukul. Model disusun dalam buku panduan berjudul ” pengembangan model pembelajaran pengenalan teknik dasar tenis meja siswa SD kelas atas”. Berdasarkan penilaian para ahli materi dan guru disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran pengenalan teknik dasar tenis meja untuk siswa SD kelas atas layak digunakan dalam pembelajaran tenis meja untuk siswa SD kelas atas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model, pengenalan, tenis meja, SD kelas atas
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Oct 2015 01:14
Last Modified: 09 May 2019 03:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27479

Actions (login required)

View Item View Item