IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 PLERET TAHUN AJARAN 2013/2014

Kurniawati, Ervina Dian (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 PLERET TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
_SKRIPSI_2015_ERVINA DIAN KURNIAWATI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Pleret Tahun Ajaran 2013/2014 melalui implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI); (2) meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Pleret Tahun Ajaran 2013/2014 melalui implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru mata pelajaran akuntansi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data Aktivitas Belajar dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, sedangkan Prestasi Belajar menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan terjadi peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa. Aktivitas belajar akuntansi siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 63% dan pada siklus II sebesar 86% yang berarti terjadi peningkatan sebesar 23%. Peningkatan prestasi belajar dilihat dari ketercapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 76. Peningkatan siswa yang tuntas KKM dari pre-test ke post-test siklus I yaitu sebesar 42%, pada pre-test sebesar 0% menjadi 42% pada post-test. Pada siklus II peningkatan siswa yang tuntas KKM sebesar 68% dari 21% pada pre-test menjadi 89% pada post-test. Selain itu, diketahui terjadi peningkatan dari post-test siklus I ke post-test siklus II sebesar 47%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction dapat meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Pleret Tahun Ajaran 2013/2014. Kata kunci : TAI, Aktivitas dan Prestasi Belajar Akuntansi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 23 Oct 2015 07:30
Last Modified: 30 Jan 2019 04:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27456

Actions (login required)

View Item View Item