PENGARUH STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN SIKAP SISWA TERHADAP MATEMATIKA

Pratiwi, Adelia (2015) PENGARUH STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN SIKAP SISWA TERHADAP MATEMATIKA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi metakognitif terhadap prestasi belajar dan sikap siswa terhadap matematika, mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti strategi metakognitif lebih tinggi dibandingkan prestasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, serta mengetahui apakah sikap siswa terhadap matematika yang mengikuti strategi metakognitif lebih tinggi dibandingkan sikap siswa terhadap matematika yang mengikuti pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas VII SMP Negeri 2 Depok, dengan sampel penelitian yang dipilih secara acak yaitu kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen dengan strategi metakognitif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes, angket, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Validasi instrumen menggunakan validitas isi oleh para ahli (judment expert) dengan hasil layak dengan revisi. Metode pengujian hipotesis menggunakan uji MANOVA dan uji-t. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa 1)Strategi metakognitif berpengaruh terhadap prestasi belajar dan sikap siswa terhadap matematika 2)Prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti strategi metakognitif lebih tinggi dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional 3)Sikap siswa terhadap matematika yang mengikuti strategi metakognitif lebih tinggi dibandingkan yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kata kunci: Strategi Metakognitif, Prestasi Belajar Matematika, Sikap Siswa terhadap Matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 26 Nov 2015 01:24
Last Modified: 30 Jan 2019 04:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27453

Actions (login required)

View Item View Item