EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL BRAIN BASED LEARNING DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN SIKAP BERTANGGUNG JAWAB SISWA SMA N 1 KASIHAN BANTUL

Ratnasari, Gamarina Isti (2015) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL BRAIN BASED LEARNING DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN SIKAP BERTANGGUNG JAWAB SISWA SMA N 1 KASIHAN BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keefektifan model Brain Based Learning dalam pendekatan Saintifik ditinjau dari kemampuan metakognisi; (2) keefektifan model Brain Based Learning dalam pendekatan Saintifik ditinjau dari sikap bertanggung jawab; (3) keefektifan pendekatan Saintifik ditinjau dari kemampuan metakognisi; (4) keefektifan pendekatan Saintifik ditinjau dari sikap bertanggung jawab; (5) perbandingan keefektifan antara model Brain Based Learning dalam pendekatan Saintifik dan pendekatan Saintifik ditinjau dari kemampuan metakognisi; (6) perbandingan keefektifan antara model Brain Based Learning dalam pendekatan Saintifik dan pendekatan Saintifik ditinjau dari sikap bertanggung jawab. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, menggunakan satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Kasihan Bantul yang terdiri dari 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 1 dan XI MIA 3 yang diambil secara acak. Kelas XI MIA 1 diberi perlakuan pembelajaran dengan model Brain Based Learning dalam pendekatan Saintifik yaitu pembelajaran yang dikombinasikan dengan senam otak, meminum air putih, relaksasi, dan permainan. Kelas XI MIA 3 diberi perlakuan pembelajaran dengan pendekatan Saintifik. Instrumen untuk mengukur kemampuan metakognisi berupa soal tes berbentuk uraian, sedangkan untuk mengukur sikap bertanggung jawab menggunakan angket. Analisis data meliputi: (1) uji proporsi untuk menganalisis keefektifan model Brain Based Learning dalam pendekatan Saintifik dan pendekatan Saintifik; (2) uji selisih antara dua proporsi untuk membandingkan keefektifan model Brain Based Learning dalam pendekatan Saintifik dan pendekatan Saintifik. Berdasakan uji hipotesis menggunakan taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran dengan model Brain Based Learning dalam pendekatan Saintifik efektif ditinjau dari kemampuan metakognisi; (2) pembelajaran dengan model Brain Based Learning dalam pendekatan Saintifik efektif ditinjau dari sikap bertanggung jawab; (3) pembelajaran dengan pendekatan Saintifik tidak efektif ditinjau dari kemampuan metakognisi; (4) pembelajaran dengan pendekatan Saintifik efektif ditinjau dari sikap bertanggung jawab; (5) pembelajaran dengan model Brain Based Learning dalam pendekatan Saintifik lebih efektif dibandingkan pembelajaran dengan pendekatan Saintifik ditinjau dari kemampuan metakognisi; dan (6) pembelajaran dengan model Brain Based Learning dalam pendekatan Saintifik tidak lebih efektif dibandingkan pembelajaran dengan pendekatan Saintifik ditinjau dari sikap bertanggung jawab. Kata kunci: Brain Based Learning, Saintifik, metakognisi, tanggung jawab

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 26 Nov 2015 01:24
Last Modified: 30 Jan 2019 04:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27448

Actions (login required)

View Item View Item