PERBEDAAN PENINGKATAN PENGUASAAN MATERI FISIKA DAN BERPIKIR KRITIS ANTARA PEMBELAJARAN BERBASIS OUTBOUND DAN KONVENSIONAL PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MAN YOGYAKARTA II

Rizki, Putri Dwi (2015) PERBEDAAN PENINGKATAN PENGUASAAN MATERI FISIKA DAN BERPIKIR KRITIS ANTARA PEMBELAJARAN BERBASIS OUTBOUND DAN KONVENSIONAL PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MAN YOGYAKARTA II. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
PUTRI DWI RIZKI.doc

Download (82kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan peningkatan penguasaan materi fisika peserta didik yang melakukan pembelajaran berbasis outbound dan konvensional dan (2) peningkatan penguasaan materi fisika mana yang lebih baik antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran fisika berbasis outbound atau konvensional., serta (3) perbedaan keterampilan berpikir kritis dan (4) berpikir kritis yang lebih baik antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran berbasis outbound atau konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian quasi experimental design dengan bentuk pretest-posttest control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas, yakni kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menerapkan pembelajaran berbasis outbound dan kelas kontrol menerapkan pembelajaran konvensional. Populasi dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI MAN Yogyakarta II tahun pelajaran 2014/2015. Teknik sampling yang digunakan yaitu Cluster Random Sampling. Sampel dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3. Teknik pengumpulan data menggunakan soal pretest dan posttest untuk mengetahui penguasaan materi fisika peserta didik dan soal berpikir kritis untuk mengetahui tingkat berpikir kritis peserta didik. Analisis data dilakukan dengan bantuan program ITEMAN dan SPSS untuk mengetahui validitas, reliabilitas, uji prasyarat hipotesis yang terdiri dari uji normalitas, dan homogenitas, serta uji hipotesis peningkatan penguasaan materi fisika dan berpikir kritis. Uji hipotesis meggunakan Independent Sample T Test, sedangkan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan mencari nilai standar gain. Hasil Penelitian ini adalah: (1) terdapat perbedaan peningkatan penguasaan materi fisika yang signifikan antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran berbasis outbound dan konvensional pada peserta didik kelas XI MAN Yogyakarta II. (2) peningkatan penguasaan materi fisika peserta didik yang mengikuti pembelajaran berbasis outbound lebih tinggi dibanding konvensional. (3) tidak terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran berbasis outbound dan konvensional (4) pembelajaran berbasis outbound tidak meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci : pembelajaran berbasis outbound, penguasaan materi, berpikir kritis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 23 Oct 2015 07:31
Last Modified: 01 Feb 2019 02:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27432

Actions (login required)

View Item View Item